[Cryptic story] Painting

eyes open

Irene | Cryptic Story | PG

Summary : Irene ketakutan, karena ia sama sekali tidak tahu dengan nasib lukisan itu.

read too : Let’s Play Game | Hotel Room | Corpse | Substitute | Dream | Parrot | Dinner Time |


Hari ini Irene memiliki rencana untuk mengelilingi Myeongdeong bersama Seulgi untuk memanjakan hasrat wanita mereka. Berbekal gaji diawal bulan, mereka berencana mengunjungi satu outlet ke outlet lainnya. Tapi sayang, rencana hanyalah rencana. Karena sekarang, ketika kelas yang dia ajar sudah bubar satu jam yang lalu, Irene masih harus dikelas melakukan rekap data dan nilai siswa yang diminta secara mendadak oleh kepala sekolah.

Bukan hanya Irene, tapi semua guru yang menjadi wali kelas di sekolah mereka. Titah yang mau tidak mau harus mereka turuti, meski sebenarnya jam sore seperti ini adalah waktunya berisitirahat dan memanjakan perut yang keroncongan.

Irene masih berkutat dengan laptop dihadapannya, ketika ponselnya berdering mengalihkan perhatiannya. Nama Seulgi tertera disana.

“Diundur jam atau diundur hari?” tanya Seulgi dari sebrang sana ketika Irene selesai mengucapkan Halo.

“Hari sepertinya, selesai semua ini aku ingin langsung pulang kerumah,”

“Baiklah,”

Irene tersenyum ketika mendegar jawaban Seulgi dari sebrang sana dengan suara lemas. “Sorry, I can’t help it, sister…”

“Kau ganti dengan traktir aku besok,”

“Oke pasti, tutup dulu oke, aku sedang berlari menyelesaikan semua ini,”

Percakapan singkat mereka selesai ketika Irene kembali meletakan ponselnya diatas meja. Berencana kembali memusatkan perhatiannya pada pekerjaan, tapi satu hal kembali menghentikannya. Ketika jendela kelas terbuka menghembuskan angin dan menjatuhkan paksa satu lukisan di dinding tembok kelas.

Irene beranjak menuju tepi kelas dan memungut lukisan itu. Sebuah lukisan anak perempuan tengah terduduk di kursi, rambutnya yang ikal terurai begitu cantik, ditambah kedua bola matanya yang berwarna biru menambah betapa berharganya lukisan itu. Cukup membuat Irene terkesan, karena ini pertama kalinya Irene memperhatikan lukisan ini.

Menempelkan kembali lukisan itu pada tempatnya, Irene kembali berjalan menuju kursi kerjanya dan menyelesaikan semua rekap. Irene ingin segera pulang.

Keesokan harinya, sebelum jam mengajar dimulai, Kepala sekolah memanggil Irene untuk menghadap keruangannya. Irene sudah berprasangka, mungkin ada banyak salah atau hal yang tidak dimengerti dalam rekap datanya. Tetapi…

“Irene Ssaem, Apa kemarin kau mengunci pintu kelas sebelum pulang?”

“Iya Pak,”

“Kau yakin?”

Irene sekali lagi mengangguk. “Apa ada sesuatu terjadi?”

Kemudian kepala sekolah itu menjelaskan pada Irene bahwa staff kebersihan yang biasa merawat koleksi pemberian donatur di masing – masing kelas melaporkan bahwa lukisan dikelas Irene hilang. Lukisan berharga peninggalan salah satu donatur yang berprofesi sebagai pelukis sebelum hidupnya berakhir.

“Itu adalah lukisan terakhirnya, sangat berharga. Lukisan dimana dia menggambar putrinya yang tengah tertidur dengan begitu indah. Kau tidak akan pernah menemukan lukisan orang tidur seindah itu,”

Irene ketakutan, pasalnya dia adalah yang terakhir menyentuh lukisan itu. Tapi sungguh dia tidak tahu. “Saya tidak tahu Pak,” jawab Irene.

take a seat and solve this!

Note : cryptic lainnya…!!! hahah, yang ini ga terlalu sulit, tapi itung – itung ngabuburit deh baca tulisan ini T^T, berhubung mau update chapter, masih on progress mulu.

Update : Jawaban.

38 thoughts on “[Cryptic story] Painting

  1. Irene boong tuh. Klo dia yg terakhir menyentuh lukisan dinding di kls, yaaa berarti dia yg ngambil, kan? Eh bener kan dugaanku?

    Bknnya nuduh, cuman kan dia yg naruh kan? Nah, kepsek blg klo dia yg ngunci kls, kan? Trus, si staff kebersihan lapor tuh klo lukisan di dinding itu hilang.

    Yaaa menurut pemikiran sy, irene yg diam2 ngambil lukisan itu. Atw bisa jd ada hantu gentayangan yg ngilangin lukisan itu. Kan kepsek blg klo lukisan itu dibuat pas putrinya msh tertidur di tengah malam sblm hidupnya berakhir.

    Ya udh, sy jwb aja. Hantu gentayangan yg ngambil lukisan itu diam2 atw irene yg diam2 ngambil lukisan itu, trus pura2 gk tau. Salah atw benernya, sy tunggu jwban yg bener aja…

  2. ini ga terlalu sulit, tapi tetep aja aku ga ngerti -_-
    hahaha belom ada yang bisa diintip jadiiiiiiii, mari kita coba main tbak-tebakan
    jadi itu silukisan mengikuti mba irene pulang? lol atau ada yang mengambil karena pintu kelas tertutup tapi jendelanya terbuka? hahaha ya pokoknya gitulah ka, anggap saja ini efek bangun tidur jadi rada ngeblank gitu kan ya/padahal engga/

  3. Lukisannya ada arwahnya kali. Soalnya menurut Irene, anak perempuan dilukisan itu matanya biru—berarti dia nggak tidur, sedangkan kata kepala sekolah anak perempuan itu lagi tidur—seharusnya Irene nggak tau warna matanya apa.

  4. Tertidur? Tp waktu irene liat bukannya posisi nya terduduk ya? Hmm…walo gampang..tetep aja ga bs ketebak…hahahha
    Ah males mikir aja inih…wkwkwkkw
    Wait 4 the answer aja lah…

  5. Lukisannya berubah, awalnya duduk dengan mata terbuka. Tapi tiba-tiba aja kepseknya bilang kalo lukisan anak perempuan itu lagi tidur.
    Mungkin aja lukisannya hidup, awalnya kan lukisan anak perempuan itu tidur, nah waktu sorenya pas Irene lgi rekap nilai si gadis yg ada dilukisan itu hidup, mungkin waktu Irene pulang dan selesai ngunci pintu, lukisan itu masih tetap hidup dan berjalan keluar dari kelas, mungkin dia lelah kejebak didalam kelas jadi yahh.. Dia jalan2 aja dulu wkwkwk😀

  6. Jendelanya blm ditutup mungkin ada maling /?
    Ato mngkin hantunya si pelukis yg rindu anaknya makanya di ambil (?)
    Mungkin juga si ob yang ngambil grgr itu tau lukisan brharga /?
    Atau juga bisa si irene yg ngmbil grgr dia tertarik maybe trs di jual uangnya buat shopping /?😄

    tau deh kak makin ngaco kan jwbanku😀

  7. lukisannya hidup :3 dari duduk jadi tidur. terus jalan keluar sendiri karena bosan /? Wakss.. apa ini? tunggu jawabannya aja deh kak😀

  8. Ping!!!😀 Dari summarynya irene gatau nasib lukisan itu kak, tapi pas irene liat lukisan itu kaka mendeskripsikan irene melihat matanya melek/? Yg berwarna kebiru biruan tapi kepsek bilang itu lukisan orang tidur, kok matanya ‘…’ Berarti lukisannya ngeliatin irene dong ya? Hiyy.. Merinding kak, dan jawaban konyolku lukisannya kabur atau lari sendiri/?😄 eh, ngilang sendiri deh hehe the last lukisannya hidup kak.. ‘_’

  9. ada yang ganjil =,=
    yang irene liat “lukisan anak perempuan tengah terduduk di kursi” tapi kata kepseknya “lukisan putri yg sedang tertidur”
    ada dua kemungkinan kan?
    yg dimaksud adalah dua lukisan yg berbeda, atau mungkin objek lukisannya bisa jalan -jalan kek di film harry potter😀
    yang mana yg bener??

    *jawaban ngaco! efek laper =,=”

  10. Halo kak! Long time no see eheh mau ikut nebak niih ‘-‘r

    Dilukisan tadi cewenya hidup kali ya soalnya kan yg dikasih tau kepsek lagi bobo sedangkan yg diliat irene itu duduk abis itu warna matanya biru dan hilangnya mungkin karena lukisan itu jalan sendiri atau gak diambil sama irene buat dijual tapi pas dijalan irenenya jatuh kesandung batu terus amnesia sementara deh ((NGACO KAN)) ((Mohon maklum kakak)) ((tertepak))

    Nah ditunggu kebenarannya kak xD Keep writing and goodluck kakak,
    xx, Ay

  11. sejujur.a ak bingung..

    yg terakhir megang dy..plg dy yg ambil..atw perempuan mata biru itu kali…

    lukisan.a berhantu..kkk
    mana ada kan lgi puasa..hahaha

    diambil kai bwt bli rujak.a d.o ntar mlm hbs tarawih sm bli petasan

  12. Cmn ngeganjel ma yg kepsek ngomong soal lukisan itu aslinya tdur, tpi yg diliat irene itu duduk…heeummm, bingungg

  13. Apa ini ya?
    Apa mungkin gadis di lukisan itu hidup? Trus bangun pas lukisannya jatuh, soalnya pas irene ambil lukisannya gadis itu gak lg tidur. Irene malah bisa liat mata birunya? Iya bukan sih kak? Ehe :v

  14. Nggak bisa nebak sih, tapi yg bikin heran tuh pak kepseknya bilang kalau lukisannya menggambarkan anak perempuan yg lagi tidur, klau lagi tidur yg pasti matanya trtutup. Tapi, pas irene ngeliat lukisan itu, dia bilang mata anak perempuan di lukisan itu warnanya biru, dia kok bisa tau?

  15. lukisannya bisa gerak ya? ato lukisannya berarwah?? kayaknya pas irene ngambil lukisan itu ceweknya lagi duduk dan matanya terbuka, sedangkan katanya pak kepsek seharusnya cewek di lukisan itu tidur. Nebak nebak nih

  16. Huaa.. BLANK!! BLANK!! BLANK!!
    Entah kenapa aku berpikir ngawur seperti ini Eon :
    Waktu Irene rekap nilai, kan jendelanya terbuka karena angin terus lukisan itu jatuh. Dan yang Irene lihat, posisi anak itu terduduk dan matanya biru (terbuka).
    Sedangkan kata Kepsek, lukisan itu menggambarkan putri si pelukis yang sedang tertidur.
    Aku gak tau jawabannya Eon!!
    Mungkin lukisannya hilang karena Irene tidak menutup jendelanya?
    Atau, lukisan di kelas Irene banyak, yang hilang bukanlah yang Irene lihat kemarin, tetapi lukisan yang lain.
    Atau yang paling aneh dan gak rasional, putri si pelukis itu dibunuh oleh pelukisnya sendiri, lalu arwahnya masuk ke lukisan itu, dan ketika Irene tidak menutup kembali jendelanya, lukisan itu kabur deh.. Hahahaha ~
    Tapi ada beberapa kalimat yang mengganjal :
    – Saat Seulgi berkata “Oke pasti, tutup dulu oke, aku sedang berlari menyelesaikan semua ini.”
    Apa yang sedang Seulgi selesaikan? Dan kenapa dia berlari?
    – Katanya ada staff kebersihan yang bertugas merawat koleksi pemberian donatur dikelas masing – masing. Aku rasa ada hubungannya dengan staff itu.
    – Perkataan Kepsek yang “… Kau tidak akan pernah menemukan lukisan orang tertidur seindah itu.”
    Sumpah Eon! Aku terkecoh dengan semua perkataanmu. Aku gak tau deh mana yang bener..
    Keep writing!

  17. lukisan yang di liat irene kan gambarnya cewek lagi duduk. nah lukisan yg hilang kan gambar anaknya tidur. berarti bukan irene dong. tapi kenapa irene merinding? apa ada arwah arwah-an juga? :v. apa jangan jangan orang yg bersih bersih itu yg ngambil pake kunci cadangan mungkin *lah ngaco sekali.

  18. Lukisannya bisa gerak kayak di harry potter.. hahah ngaco -_-”
    Irene yang ngambil kayaknya.. soalnya dia sendiri terpukau sama lukisannya kan? Tapi kenapa dia tau warna matanya biru? Katanya lagi tidur? Kecuali kalo anak itu tidur sambil melek kayak mermaidman and barnacle boy~

    Ohiya.. let me say.. annyeong eonni! I rlly misss youuu haha udah lama nggak stalking nih ><

  19. Gilak tehh aku telat binggo bacanya. Kapan ya aku jadi first? Wkwkwk. Apalagi tadi gak sengaja lirik2 ke kolom komen, dan akhirnya kena spoiler deh. Apes bener nasipku ini y__y
    Entah kenapa setiap baca yang berbau lukisan itu aku selalu merinding disko teh, apalagi sama lukisan bergaya renaissance. Rasanya kayak dipandangi balik gitu sama lukisannya. Hih. Aku gak bakalan sudi majang lukisan begituan di kamar mandi.
    Okeewh cabut dulu ya teh, Sori banget datengnya telat, mana komennya aneh pula wkwkwk. Much lopek lopek binggo❤

  20. Waa.. Udah lama gak ikutan jwab crita cryptic kakak.. Kalo menurutku.. Lukisannya itu kata kepsek gambar putri pelukis yg tidur tapi pas jatuh lukisan yg diliat irene itu lukisan anak perempuan yg bermata biru dg indah dan lagi duduk, ada kmungkinan selanjutnya bisa jadi anak perempuan itu brdiri dan berjalan keluar mlalui jndela yg trbuka *aaahh kok jadi ngaco gini yaa haha
    Atau emang lukisan itu brhantu dan ikutin irene, tpi knapa lukisan itu yg bthantu smentar yg mati itu yg ngelukis, bukan anak perempuan itu,ehh.. Brarti ada kmungkinan juga anak perempuan itu emang udah mati tapi dia posenya dg duduk dan mata kayak gitu trus dilukis bapaknya, jadi wajar aja kalo lukisan itu brhantu ditambah lagi yg ngelukis juga udah mati, kepseknya juga bilang gini “Lukisan dimana dia menggambar putrinya yang tengah tertidur dengan begitu indah. Kau tidak akan pernah menemukan lukisan orang tidur seindah itu,” naah.. Lukisan orang tidur kan dimana mana matanya pejam dan yaah baring.. Smentara anak itu matanya kebuka wajar aja kalo cantik, dan gak mungkin tidur normal dg mata kebuka, kecuali dia dibunuh #sotoynihwkwk tapi kalo dibunuh kok kepsek bisa tau yaa?? Jangan2.. Aaahh kpanjangan deh ntar hahaha kayaknya gitu yaa kak, anak nya mati dibunuh trus dilukis trus abis itu kluar dari lukisan…
    Hahahaha itu tebakan ku kak, penasaran sma jawabannya..

  21. kak, arisa ngerti banget sama ceritanya tapi bingung deh, jawabannya apa yah? arisa penasaran, serius deh. arisa liat jawabannya yawss😄
    .
    .
    .
    wah jadi jadi jadi? jadi ada kesan mistic gitu yah kak?
    wah kereeennn❤ seperti biasa, imajinasi kakak indah ngetss😄

  22. hanya ada satu kunci jawaban:
    Yaitu,saat pertama kali Irene melihatnya, lukisanya bergambar gadis yang duduk dan terjaga, tapi beda dengan yang diungkapkan kepala sekolah bahwa lukisan itu bergambar gadis yang tidur.

    Ada dua dugaan:
    1. Staff mengganti lukisan itu dengan lukisan lain/ lukisan didinding itu palsu, terus diganti sama yang asli karena kepsek bilangnya lukisan itu duduk
    2. Memang ada arwah didalam lukisan itu alias bisa gerak2

    Dan satu yang menjanggal:

    Seulgi nyelesain apa? Apa seulgi juga diteror atau punya sesuatu rencana?

  23. aku tidak tahu harus menjawab apa kak. jadi aku hanya akan menunggu jawabannya.
    dan postingan ini sepertinya sudah agak lama??? enam hari yang lalu?? aku terlambat melihatnya.😥

  24. Serius setiap baca kerasa misterinya, tapi pas udahan susah nebak karena suka ga ngeh sama cluenya, kaya di ff ini (baru tau setelah baca comment :v /selalu) irene ngeliatnya perempuan yang duduk dan bahkan tau warna bola matanya karena ngga tidur, tapi kalo dipenjelesan kepsek itu lukisan anak perempuan yg tidur
    Nah suka ga ngeh kalo ada case kaya gini😄 tapi itulah serunya jadi ngerasa serem pas diakhir~

  25. Ga ketebak
    Tp satu yg ganjil
    D bilang disitu “Sebuah lukisan anak perempuan tengah terduduk di kursi, rambutnya yang ikal terurai begitu cantik, ditambah kedua bola matanya yang berwarna biru” itu yg diliat Irene. Tp kepsek nya bilang “Lukisan dimana dia menggambar putrinya yang tengah tertidur dengan begitu indah. Kau tidak akan pernah menemukan lukisan orang tidur seindah itu”
    Nahloh?
    Mungkin ada lukisan lain d kelas itu, dan yg ilang lukisan lain yg bukan Irene sentuh terakhir

  26. Wait tadi katanya si irene liat kedua bola mata birunya yg indah sedangkan kata pak kepsek lukisan itu dibuat saat anaknya sang pelukis sedang tidur so asli dah jangan bilang tu lukisan
    Hii au ah serem
    Keren thor salam kenal yaaa

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s