*[Update #resep] Mari menggulung ‘KIM’ (김) – 김밥

DSCF1497

.

Postingan ini awalnya emang bakal jadi semacam tutorial cara bikin kimbap. Cuma, karena di posting pas jam istirahat di kantor, jadi baru postingan gambarnya aja. Oke, aku update postingan ini, pas banget Hyoniez komen buat minta resep dan cara buatnya.

So? Here yo go..!

2 Item penting yang penting bange kalo mau bikin kimbap. Yaitu penggulung Suhsi sama si rumput laut alias si KIM ini.

Bahan utama:

1. Penggulung Sushi
2. Rumput laut

Harga penggulung Sushi beda – beda tergantung jenis dan bahan penggulungnya. Ada yang tinggal di Bandung? Terakhir aku maen ke Riau Junction, disana ada 3 Jenis penggulung Sushi. Dari yang bahan bambu biasa, yang bahan plastik sama penggulung yang tinggal cetak.


roll-an bambu Rp.35rb


roll-an plastik Rp.80rb


cetakan plastik Rp.35rb

Itu semua hasil harga survey di Riau Junction deket BIP. Harga online lebih murah sih, tapi ribet beli kaya gini lewat Online.

Sebenernya enak pake yang cetakan langsung. Cuma ga kerasa feel ngegulungnya. Soalnya kalo yang cetakan, tinggal alasin pake rumput laut, tumpukin nasi, tutup sama cetakans atunya, teken, beres. Kalo pake penggulung kan asik, ada moment pas kamu harus gulung terus teken gulungannya biar si Kimbap padet dan gampang di potong. hahah jadi, mending beli yang gulungan bambu aja. Berhubung gulungan khusus Sushi malah, nah temen aku nemu di Borma Margahayu, semacam alas piring dari bambu harganya cuma 9rb, tapi bentuknya sama kaya penggulung bambu. Jadi kita ngegulunnya pake itu😄

Nah, buat rumput laut pun beragam harganya dan lagi – lagi aku cuma nemu di Riau Junction. Ada dua jenis. yang pack besar (produk japan) sama pack sedeng (produk korea). Yang jepang punya harganya 150rb, kalo yang korea punya cuma 35rb. Kurang lebih yang Korea punya ada 20 lembar. Jadi lumayan untuk beberapa kali bikin, jadi aku beli yang 35rb.

Next, kita ke bahan lainnya.

1. Nasi (kalo bisa pake beras ketan dikit biat kepal pas digulung)
2. Garam
3. Cuka

Buat isian, ini bebas.  Kemaren aku pake :

1. Timun jepang
2. Alpuket
3. Sosis
4. Baso kepiting
5. Telur Goreng

Buat sambal cocol, bisa pake :

1. Mayonaise
2. Kecap asin
3. Bubuk cabe

Sesuain aja sama selera.

Oke sekarang cara membuat :

1. Karena bikin Kimba atau Sushi atau apapun itu mereka namanya, yang paling lama tuh potong – potong bahan sama nunggu nasi, jadi pertama – tama kamu masak nasi dulu. Kalo pake Beras biasa aja, usahakan bikin lembek. Jadi lebihin air dari biasanya kamu masak nasi, kemaren aku kasih hampir dua buku telunjuk aku. Kalo dicampur sama beras ketan, bikin takaran biasa aja, aku nyoba kasih 1 buku telunjuk udah pas.

2. Selagi nunggu nasi masak. Sekarang waktunya kamu potong – potong buat isian. Bikin iris memanjang buat semua isi. Khusu buat sosis, baso tahu kamu rebus dulu yaaa…. dan buat telur coba di dadar dan dibikin tebel.

DSCF1487

3. Setelah nasi mateng, ambil beberapa masukin ke mangkuk besar. Aduk – aduk si nasi. Pertama biar anget jangan ampe dingin yaa, kedua biar pulen, ketiga biar ga ngegumpal mereka. Kalo udah pulen, tambahin garam sama cuka sesuai selera. Kalo terakhir nyoba cukanya dikit aja oke.

DSCF1489

4. Selesai dengan nasi dan isian? selanjutnya menggulung. Susun gulungan, rumput laut. Kaya gambar dibawah. Terus mulai letakan nasi. Usahain si nasi bikin tipis dan sampe setengahnya si rumput laut, biar nanti posisi isian pas ditengah.DSCF1490 DSCF1491

5. Selanjutnya? Gulung sodara – sodara, susah juga ngejelasin gimana cara menggulungnya. Intinya, gulung, mundurin, padetin.  Sampe si Kimbap ini padet banget, biar pas di potong ga ancur. Like This..DSCF1492

6. Lalu? udah beres, tinggal potong aja😄. Usahain, pisaunya yang tajem, biar ga ngerobek si rumput laut. Siap sajikan pake sambal. Apapun kesukaan kalian.DSCF1493

Gampang kan?

gampang banget ko, yang susah tuh bahan utamanya. Terlebih si rumput lautnya.

Jadi silahkan mencoba.

Apreelkwon❤

8 thoughts on “*[Update #resep] Mari menggulung ‘KIM’ (김) – 김밥

  1. Duh dari kemaren manggilnya eonni terus nih ga nanya subjeknya mau dipanggil gitu ga, maafkan aku~ *bow*
    Aku panggil kak april aja ya kalo namaku sebut saja nisa/ica aja biar akrab *sksd*
    Btw kamsahamnida kak april udah dibuatin tutorialnya tapi keknya bakal perjuangan buat nyari rumput laut sama roll gulungnya karena aku domisili depok hoho tapi gapapa InsyaaAlloh aku coba hoho #EdisiLapar *kiss bye* *nyengir kuda*

  2. Itu kelihatan banget ya tatakan piring dijadiin penggulung sushi haha,,😄
    di rumahku juga ada tuh alas piring macem gitu, tapi si kayu-nya pipih kayak kwetiau

    Bisa dipake bikin sushi ga ya? wkwk

    Jadi laper..

    Kalo di Bogor sih nyari produk import di Circle K, Grand Store, atau Lotteria Mart,

    Indonesia ga produksi rumput laut gituan sih ya, masyarakatnya juga makannya gorengan sama nasi uduk /? wkwk

    Salam dari Bogor !

    • Wah, ada orang bogor nih😄

      hahah, bener banget itu tatakan piring, soalnya mahal kalo penggulung aslinya,
      yang penting kan fungsinya buat nge-padetin si nasi,
      bisa aja ko pake yang pipih juga, intinya cuma buat bikin si nasi padet.

      dan Salam dari Bandung ^^

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s