[Review] Doraemon : Stand By Me 3D

Sutradara: Ryuichi Yagi, Takashi Yamazaki
Pengisi suara: Wasabi Mizuta, Megumi Ohara, Yumi Kakazu, Tomokazu Seki, Subaru Kimura
Durasi: 95 min
Bahasa: JAPANESE
Subtitle: ENGLISH & BAHASA IND
Genre: ANIMATION
Rating: SU
Format : 3 Dimensi

.

.

Diceritakan Shoby cicit Nobita dari abad 22 sedang menyaksikan video perjalanan hidup kakeknya Nobita. Disana dia tahu kalo kakeknya ini bodoh, pemalas, penakut, manja, yang mengakibatkan masa depannya suram. Kesuraman yang berujung pada ketidak bahagian dan ketidak bahagian ini berimbas pada anak, istri juga cicit Nobita di masa depan.

Shoby akhirnya membuat rencana untuk mengubah prilaku sang kakek yang juga akan mengubah masa depan mereka. Dia dengan sebuah robot pengabul berwujud kucing bernama Doraemon, kembali kemasa lalu ketika sang kakek masih murid sekolah dasar.

Disini Shoby memberikan misi pada Doraemon, ‘Tinggal disini sampai misimu membuat kakek bahagia terpenuhi‘. Doraemon sebenarnya menolak misi ini, karena dia ingin tinggal bersama Shoby yang notabene si pemilik doraemon yang asli. Tapi Doraemon tidak punya pilihan lain, selain tinggal bersama Nobita dan mengubah masa depannya.

Akhirnya pertemuan cicit dan kakeknya terjadi dikamar Nobita. Disana Shoby menjelaskan tentang identitas dia sebagai orang dari masa depan dan merupakan generasi keempat dari Nobita. Meski awalnya tidak percaya, akhirnya Nobita merasa penasaran apa alasan masa depannya datang menemui dia.

Disini Shoby memberi tahu tentang masa depan Nobita yang suram. Nobita yang tidak berubah sampai dewasa, kemudian dia membangun usaha tapi karena bodoh dia akhirnya tertipu dan bangkrut, hutang dimana – mana, anak istri ikut sengsara. Melihat ini Nobita merasa bersalah pada keturunannya. Tapi ada yang lebih memotivasi dia untuk berubah, yaitu ketika Shoby menunjukan siapa istri Nobita dimasa depan yang tidak lain adalah Jaiko, adik Giant.

Setelah mengetahui masa depannya begitu suram, terlebih karena perniakahannya dengan Jaiko, akhirnya Nobita berniat untuk merubah hidupnya. Dimana perubahan – perubahan Nobita dia lakukan dengan memanfaatkan kantung ajaib Doraemon. Dari mulai membantunya kesekolah tidak terlambat, lulus ujian, membalas dendam pada Giant dan Suneo, sampai membuat Shizuka jatuh cinta pada Nobita.

Perlahan tapi pasti, masa depan Nobita berubah. Doraemon melalui alat foto masa depan memperlihatkan perkembangan masa depan Nobita. Ada pada suatu malam mereka melihat foto masa depan itu terpampang foto Shizuka dewasa sedang memarahi anak kecil mirip Nobita. Disini disimpulkan dengan usaha Nobita dengan bantuan Doraemon, dimasa depan dia berhasil menikah dengan Shizuka.

Misi Doraemon untuk membuat Nobita bahagia selesai, sudah waktunya dia kembali. Doraemon menceritakan bahwa waktunya bersama Nobita sudah habis. Dia harus segera kembali ke abad 22 sesuai dengan program yang dibuat. Saat perpisahan Doraemon banyak berpesan agar Nobita tetap rajin, berani, menyelesaikan masalah sendiri.

Jadi, apakah bisa Nobita menjalani harinya tanpa Doraemon yang selama ini selalu menolongnya?.

.

.

Meh!

Ekspetasi aku terhadap film ini terlalu tinggi. Berujung pas film selesai cuma bisa melongo liatin credit title dengan hati mencelos. Sejak kapan aku menanti film ini? Agustus, sejak perdana rilis di Jepang. Media play sebenernya ngaruh banget, marketing Doraemon jempolan banget. Dengan poster Doraemon lagi nangis, dengan teaser mengharukan perpisahan Nobita dan Doraemon, dengan embel – embel film terakhir, dengan soundtrack yang menyayat hati. Duh aku mengharapkan sebuah cerita yang fantastis. Setidaknya beneran ada perpisahan antara mereka, terus masa depan Nobita. Setidaknya itu yang kegambar dalam bayangan aku.

Tapi,

Ya.. seperti itulah Stand By Me. Kalo bisa aku deskripsiin film ini sama aja kaya film Doraemon tiap minggu pagi. Bahkan mereka yang bilang bakal nguras air mata banget, aku ge nemu sebelah mana yang sedih banget. Ya, untuk beberapa scene ada sih yang menyentuh. Tapi ga ampe bikin pengen nangis.

Ya, terlepas dari filmnya yang ga terlalu wah, dengan film Stand By Me ini kita bakal banyak tahu tentang kisah tersembunyi dari Nobita dan Doraemon yang emang ga diangkat dicerita minggu pagi.

Tentang asal usul Doraemon. Siapa sih sebenernya doraemon? kok cuma Nobita doang yang punya sedangkan teman – teman laennya ga punya. Nah difilm ini akan dijelaskan. Karena sebenarnya Doraemon berasal dari masa depan, dia adalah robot bikinan cicit Nobita dan kembali ke masa Nobita untuk memperbaiki masa depannya. Disini juga sekaligus menjelaskan siapa pembuat Doraemon. Shoby cicit Nobita di abad 22.

Nobita tuh cinta mati banget sma Shizuka. Di film ini akan dijelaskan sama siapa akhirnya Shizuka nikah. ya, Nobita sama Shizuka menikah. Di masa depan saat pendakian ditengah badai Salju, Shizuka dan Nobita terjebak. Disana Nobita yang memang tubuhnya dewasa tapi otaknya masih anak – anak(karena emang dia adalah Nobita kecil yang dateng lewat mesin waktu) mencoba menyelamatkan Shizuka, dari sinilah Shizuka menyadari kalo Nobita adalah sosok lelaki yang dia butuhkan juga Shizuka ingin melindunginya. Karena pada dasarnya Nobita dewasa sama saja ceroboh. Adegan mereka di badai Salju dua jempol deh.

Masa depan Nobita. Difilm ini juga ngasih liat kita masa depan Nobita. Disaat dia berhasil menikah dengan Shizuka, terus Nobita juga sahabatan sama Giant, Suneo dan Dekisugi. Satu hari sebelum menikah, Nobita bahkan merayakannya bersama para sahabat dan malam itu Dekisugi sangat sedih tahu Shizuka menikahi Nobita. Dimasa depan juga diliatin kalo Jaiko jadi manis banget dan dia jadi komikus terkenal.

Ada adegan dimana Nobita kecil pake mesin waktu mengunjungi dia dimasa depan. Tujuannya mau liat dia pas nikah sama Shizuka tapi mereka datang dihari yang salah. Akhirnya Nobita kecil ngajakin Doraemon buat liat Shizuka. Nah, malam sebelum pernikahan ternyata Shizuka galau. Dia bilang ke ayahnya, kalo dia ga mau nikah. Aku kaget, kirain Shizuka nyesel mengatakan Iya sama Nobita. Tapi ternyata Shizuka ga mau ninggalin ayahnya sendirian. Disini ada kalimat ayah Shizuka yang keren banget “Nobita bukanlah orang spesial, diapun tidak bisa apa – apa, tapi percayalah.. kedua tangannya membawa kebahagiaan untukmu” ya.. untuk membahagiakan seseorang memang tidak harus sempurna secara raga.

Satu lagi yang keren dari masa depan mereka adalah, pemandangan Jepang abad 22. Duh… super canggih. Mereka bahkan udah pake transportasi udara, kaya mobil terbang, kereta terbang. Keren dah.

Meski secara cerita dan ending yang spoiled abis, tapi kalian bakal dimanjakan dengan grafis yang aduhai. makanya aku nyaranin kalo kalian mau nonton ini, mending ambil yang 3 dimensi aja. Jujur aku betah  95 menit bukan karena ceritnya tapi karena grafinya. Keren banget 3 Dimensinya. Film ini juga tau banget buat manfaatin 3Dimensi ini dengan nambahin adegan – adegan yang emang cocok buat 3 dimensi.

1. Waktu merek terbang pake baling – baling bambu. Dijamin kalian bakal ngerasaain beneran pas Nobita melesat sana sini dilangit jepang.

2. Terus pas mereka lagi jalan – jalan ke masa depan terus terbang dilangit modern dimana sudah banyak berseliweran mobil terbang. Kerena deh

3. Adegan Giant – Nobita maen kasti juga wajib diacungin jempol.

4. mungkin bakal seneng nih anak cowo, yaitu pas Nobita singkapin roknya Shizuka duh beneran deh berasa kita lagi ngintip dari jendela liat mereka.

Intinya, Grafisnya aku kasih 10 deh. Amazing banget. Makanya kalo nonton Doraemon jangan ambil yang biasa ya, nanggung, ambil yang 3D sekalian.

Apa lagi?

Ehm, untuk alat – alat ajaibnya Doraemon, jangan ditanya lagi deh udah biasa itu mah. Baling – baling, pintu kemana – mana, roti penghafal, mesin waktu, hahaha itu biarkan imajinasi kita yang berjalan.

Ok, kesimpulan….

Secara cerita film ini biasa aja, sama kaya film sabtu minggu, mungkin ga akan biasa sih kalo seandainya endingnya ga kaya gitu. Tapi apalah, sudah terjadi. Tapi masih kebayar ko sama Grafis yang keren plus sedikit mengintip masa depan Nobita yang udah kita kenal sejak kecil.

Rate : mau sih ngasih 9 – 10 tapi apa daya, Ending menghancurkan jadi aku kasih 7,5 of 10. Terimakasih untuk grafis 3D yang menyelamatkan film ini.

End.

16 thoughts on “[Review] Doraemon : Stand By Me 3D

  1. ralat dikit… Doraemon bukan buatan Sewashi (di sini ditulis) Shoby. tapi buatan pabrik robot, dan karena ceroboh (mirip nobita), jadi harga jual dia jatoh.. dan cuma bisa dibeli oleh bapaknya sewashi….

  2. sayang gk ada blitzmegaplex di makassar T^T padahal pengen nonton….
    setahuku.. bapaknya sewashi gk sengaja beli doraemon, karena sewashi (bayi) gk sengaja nekan tombol pesan …
    apa di ‘stand by me’ ceritanya berubah ?

  3. Ternyata beneran ini adalah film remake. Kalo ada yang benar-benar mengikuti doraemon yang di tayangin setiap minggu pagi + beberapa movienya maka kalian akan tahu bahwa 95 persen film ini adalah potongan-potongan adegan serial +movie doraemon yang di ubah ke bentuk 3D. (Yang jadi catatan ane kemunculan pertama doraemon dan cucunya, membuat sizuka jatuh hati pada nobita, hari pernikahan, malam terakhir doraemon itu hampir sama dan pernah di tayangkan di serial 2D minggu pagi, hanya dibuang beberapa adegannya saja)

    positifnya bagi yang ikutin perkembangan doraemon dari awal maka ini akan berasa rangkuman perjalanan panjang doraemon dan nobita, berasa nostalgia banget karena merasa tumbuh dan berkembang menjadi dewasa bersama doraemon. (Umur kalian setidaknya sudah harus 25 saat ini agar cukup dewasa untuk mengingat saat pertama kali doraemon di putar di RCTI)

    Sayangnya konsep ini tidak berlaku bagi penggemar doraemon berumur belasaan saat ini. Soalnya hampir semua event-event penting doraemon di buat dan ditayangkan 5 tahun pertama kemunculannya. CMIIW
    Yap, sisanya kebanyakan hanya Filler saja.

  4. wah makasih review nyaaa… aku blm nntn filmnya…. adegan yg paling dinanti sih pas nobita nya udah gede, bosen juga liat di tv dia jadi anak SD mulu wkwwk

  5. makasih atas review nya kak,wkt lht review kakak ttg film ini aku lgsg cari link downloadnya^-^ grafis 3D nya emang keren banget dan bagiku film ini cukup sedih kok, aku bahkan sampai nangis huhu..tp tiap org kan beda-beda yah~

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s