[Review] Movie : The Dracula Untold

Tahun 1442 Masehi Sultan Turki memperbudak 1000 anak laki – laki Transylvania untuk dijadikan pasukannya. Anak – anak ini dipukuli tanpa ampun. Dilatih untuk membunuh dengan kejam. Dilatih haus darah akan orang – orang yang melawan Turki.

Diantara anak – anak itu ada yang menjadi prajurit sangat menakutkan, hingga seluruh pasukan akan mundur ketakutan jika disebut namanya. Vlad The Impaler si putra naga. Karena muak dengan tindakan kejinya, Vlad mengubur kenangan masa lalunya bersama pasukan yang mati dan kembali ke Transylvania untuk memerintah dalam damai.

Rakyat memanggilnya Pangeran, tetapi dunia akan mengenalnya sebagai Dracula.

.

.

Dua puluh tahun sejak kembalinya Vlad ke Transylvania dan memerintah kerajaan dengan damai disebuah kastil yang bernama Dracula. Meski Vlad sudah kembali dari perbudakan Turki dengan membunuh hampir setengah prajurit mereka, Transylvania tetap berada dibawah kecaman kejam Turki. Tapi Vlad terus berusaha untuk selalu melindungi rakyatnya, salah satunya terus membayar upeti pada pasukan Turki. Dengan ini diharapkan mereka tidak meminta sesuatu yang tidak masuk akal.

Tapi ternyata upeti tidak pernah cukup untuk pasukan turki. Hari dimana kerajaan meraykan hari besar paskah, prajurit Turki datang ke istana. Vlad dengan segera menyuruh penjaga kerajaan untuk mengeluarkan upeti, tapi bukan itu yang diinginkan pasukan turki. Mereka datang untuk menyampaikan pesan Sultan mereka. Dimana Sultan mereka memerintah warga Transylvania mengirimkan 1000 anak laki – laki mereka.

Vlad merasakan ketakutan luar biasa. Bagaimana masa lalunya kembali terulang, terlebih Vlad pun memiliki seorang putra –Ingeras.

Istrinya –Marina, yang menyadari ketakutan Vlad, membujuknya untuk melakukan negoisasi dengan Sultan Turki. Marina tahu, salah satu petinggi pasukan Turki adalah sahabat lama Vlad saat dia masih menjadi budak. Berbekal semangat istri dan kepercayaan pada persahabatan lamanya, Vlad berangkat menuju kemah pasukan Turki bersama prajuritnya.

Vlad bertemu sahabatnya –Mahmed. Disana Vlad melakukan nego untuk permintaan 1000 anak laki – laki yang bersedia dia ganti dengan apapun. Tapi apa daya, negosiasi gagal. Lebih parahnya lagi, dengan segera pasukan Turki menginginkan anak Vlad, Ingeras.

Vlad tidak bisa menyerahkan anaknya begitu saja. Akhirnya dia membuat pemberontakan dengan membunuh semua pasukan yang ditugaskan untuk menjemput anaknya, sebuah pemberontakan yang menandakan pecahnya perang.

Perang pun dimulai dan bisa dipastikan Transylvania akan kalah, dari sisi manapun.

.

.

Satu hari sebelum perayaan hari paskah, Vlad yang sedang melakukan patroli bersama beberapa prajurit menemukan peralatan perang pasukan Turki diwilayah mereka. Untuk menghindari ketakuan rakyatnya, Vlad memutuskan untuk mengusut benda tertinggal ini dan tidak lupa dia memerintahkan orang untuk memeperketat keamanan disekitar kastil.

Bersama dua prajuritnya, Vlad mendaki gunung Broken Tooth karena dia yakin pasti para mata – mata Turki bersembunyi disana. Samapi diatas gunung, mereka menemukan satu gua yang tiba – tiba segerombolang kelelawar keluar dari sana. Vlad yang instingnya kuat yakin bahwa mereka para mata – mata bersembunyi didalam, karena kelelawar tidak akan keluar siang hari kecuali ada yang mengganggu sarangnya. Vlad dan dua prajurit masuk kedalam gua, dimana gua itu penuh dengan tulang – belulang. Dan yang mereka dapatkan disana bukanlah mata – mata Turki, melainkan mahluk mengerikan haus darah yang takut sinar matahari dan pantulan cahaya dari perak asli.

Vampire.

Hari dimana Vlad menyelamatkan anaknya dengan membunuh pasukan Turki yang menandakan mereka memukul genderang perang, Vlad kembali mengunjuni gunung Broken tooth. Mencari mahluk mengerikan itu untuk meminta kekuatan.

Permintaan diterima. Mahluk itu memberikan apa yang Vlad inginkan, karena melihat kesungguhan Vlad. Semangkuk darah hitam dari tubuh mahluk itu, Vlad harus mengahabiskannya.

Permainannya sederhana. Dengan meminum darah itu, Vlad akan mendapatkan kekuatan setara dengan 100 prajurit, bisa menyembuhkan luka, indra menjadi sangat tajam, semua ini memnbuat Vlad yakin memenangkan perang. Tapi, kekuatan hanya akan muncul ketika matahari tenggelam. Saat matahari terbit, kekuatannya akan menyurut dan sinar matahari akan melumatnya.

Sebagai balasannya, selama tiga hari Vlad akan haus darah manusia. Jika dalam tiga hari Vlad berhasil tidak meminum darah maka dia akan kembali menjadi manusia biasa dengan kekuatan super. Tapi jika dalam tiga hari Vlad gagal dan meminum darah manusia, dia akan menjadi mahluk abadi, anak iblis, budak matahari.

Dengan kekuatannya Vlad mampu melumat habis pasukan Turki hanya seorang diri, tapi apakah Vlad berhasil menyelesaikan tantangan tiga hari dari mahluk mortal itu?

.

.

Apa lagi yang bisa aku ungkapin buat film ini. Everything is perfect. Nuansa vampire lebih terkesan masuk akal dan mudah dipahami dengan mengambil setting tahun 1400 masehi. Setidaknya kita tidak perlu melebur lebamkan era modernisasi denga kehadiran mahluk abadi ini. Yeah ini memudahkan logika untuk menerimanya. Soalnya ‘vampire? Oh masuk akal, soalnya masih tahun1400

Karen seting tahun 1400, kalian bakal disuguhi film dengan tema vintage. Baik dari tempat, barang bahkan pakaian yang digunakan sama jajaran tokohnya. Buat para pecinta film dengan seting tahun lama, ini bisa dijadikan alternatif. Beneran, aku rekomendasiin banget film ini.

Oke, jadi dari mana aku boleh mulai review?

Alur

Smart. Aku suka cara mereka membuka film dengan narasi dari masa depan. Ya, pertama kali kalian puter film ini akan disambut sebuah Narasi atau mungkin monolog yang bercerita tentang masa lalu Vlad. Masa lalu dari masa depan. Yups. Yang bernarasi ini adalah Ingeras, anaknya Vlad.

Aku suka alurnya. Perang, perjuangan, perpisahan, kematian, semua blend dengan alami. Durasi 1,5 jam ga akan kerasa. Kalo buat aku, ini keren. Ditambah, Ending yang luar biasa, dengan hadirnya kembali Vlad sebagai mahluk abadi didunia Modern, ini bikin greget banget.

Tokoh

Ugh. Vlad ini tokoh pemimpin sempurna. Dia pengen melindungi rakyatnya dengan sempurna termasuk keluarganya. But, hidup adalah pilihan bukan? Disaat Vlad memilih untuk menyelamatkan anaknya dia tahu rakyatnya dalam masalah. Maka dari itu, menjual hidupnya dia menukar dengan kekuatan Vampire.

Perjuangan dia ga sia – sia.

Terus Marina. Dia istri yang istimewa, dan bonusnya, tolong ini yang meranin Marina cantik banget. Dia disini jadi istri yang bener – bener impian suami. Awalnya aku kira Marina bakal nolak pas tahu suaminya sekarang jadi seorang Vampire. Tapi ternyata dia support dan membantu menutupi dari prajurit lain. Sempet kecewa pas ditengah Marina meninggal terus nyuruh Vlad minum darahnya biar dia punya kekuatan.

Sempet kecewa, tapi untungnya scene abis Marina meninggal, awesome. Jadinya aku mikir, perjuangan Marina ga sia – sia.

Ending

Perfect. Film ini sungguh penuh dengan kejutan. Awalnya Ending udah selesai sampi Ingeras mewarisi tahta dan semua hal yang bersangkutan dengan Vlad dihapus rakyat karena mereka tahu, Vlad udah bersekutu. Tapi, diending kita juga dikasih tahu cerita kelanjutan si Vlad sendiri.

.

.

Sisi negatifnya?

Well, can i say about this. Penjelasan diatas itu tulisan aku dari sisi sebagai penikmat film, sekarang ijinkan aku menulis opini dari segi, ehm umat muslim.

Cerita tentang vampire, dracula dan mahluk mortal lainnya emang narik minat nonton banget termasuk aku. Tapi kita sering melupakan seperti apa sejarah sebenarnya, sebelum para sineas hollywoon memutar balikan sejarah yang ada. Ya, pada dasarnya cerita tentang asal mula dracula memang ada pada sejarah. Lebih tepatnya kronologi kekaisaran Turki Utsmani. Ini mungkin lebih aku aku tujukan buat kalian yang muslim. Maaf ya bukan maksud untuk rasis, but well i love my religion as well.

Buat rincian sejarah sebenarnya dari film ini kalian bisa baca di websitenya Ustadz Felix. Disini.

Ada juga beberapa blog yang menuliskan sejarah sebenarnya dari Vlad dracula ini.  ‘Pangeran Dracula, Sang pembantai kaum muslimin’

Disebutkan juga, di kastil Dracula yang berada di Transylvania konon disana tempat penyiksaan para tahanan turki. Bukan tanpa fakta, tapi disana memang terdapat tulisan dari dari salah satu tahanan turki.

Ini kasti tersebut.

Well sekali lagi, ini opiniku sebagai seorang muslim yang sebenarnya miris dengan bagaimana mereka menggambarkan pasukan islam dalam film ini. Tapi, terlepas dari semuanya, Film ini masih memuaskan untuk dinikmati.

Salam damai semuanya ^^❤

Rate : 7 of 10

6 thoughts on “[Review] Movie : The Dracula Untold

  1. Nahh Eonn,
    Kata temen aku ( yang expert banget kalo masalah film) Dracula Untold ini bagus banget dari segi cerita sama latar suasananya.
    Udah ada niat mau nontonm tapi belum nemu waktu yang .. em,, pas mungkin /? haha

    ternyata Eonn baca-baca tulisannya Ust. Felix ya.. wkwk, aku juga
    tapi kalo dracula-dracula-an aku pernahnya baca ‘Draculesti’ karangan Sayf Muhammad Isa, mungkin Eon tahu?

    wkwk..

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s