2015 – Coming Soon [E.X.O]

30

Jadi apa semalem ada yang begadang buat mantengin para Alien pulang bawa 5 penghargaan? apa ada semalem yang ga bisa bobo efek liat para alien berubah jadi vampire diatas panggung? atau siapa semalem yang tidur nyenyak tanpa bayang – bayang vampire gadungan itu?

hahaha, buat pertanyaan terakhir aku buru – buru deh tunjuk diri paling depan. Tau sih kalo kemaren malem mereka ada award di MAMA dan yakin mereka bakal bawa pulang banyak hadiah plus perform yang amazing kaya MAMA – MAMA sebelumnya. Tapi apa daya, cuma bisa pantengin timeline twitter pas mereka di red carpet, sisanya? tidur deh, cape banget sama rutinitas yang memang lagi ga nyante akhir – akhir ini.

Buat para kesayangan, selamat yaa buat kerja kerasnya (tunjuk exo-L). Tahun 2014 bukan tahun yang enak buat dikenang, tapi yeah… exo still rock kpop stage. Meski badai tahun ini datang silih berganti, mereka masih bisa bawa pulang grand prize dari MAMA semalem. Selamat…..

MAMA Award 2014

  • DAESANG – Album of the Year: EXO – Overdose
  • DAESANG – Artist of the Year: EXO
  • Best Female Artist: EXO
  • Best Asian Artists: Korea (EXO)
  • Best Asian Style: EXO

Bangga ga tuh? 5 dong, dan 2 hadiah utama.. claps.

Dan izinin juga aku nyempilin selamat buat IU yang dapet penghargaan buat : Best Female Artist & Most Popular Vocalist. Selamat uri Jieunie… Seneng banget kamu juga dapet award, karena emang you deserved it..!

Terus udah ada yang liat perform EXO semalem? hahahah gimana klepek – klepek ga tuh? stagenya emang luar biasa, as always. Grapich effect, motion sama lightingnya juga jempolan dah. Semalem EXO bawain 3 lagu atau bisa dibilang 4 sih. Pertama dibuka dengan perform Black Pearl. Lagu kedua Tell Me What Is Love yang ga lain dan ga bukan adalah lagu solo stage KyungSoo di TLP duh jadi inget TLP lagi kan OTL. Bisa dibilang perform MAMA kali ini EXO ga banyak kejutan kalo buat yang udah nonton TLP, soalnya mereka bawa semua konsep pas TLP. Kaya, di lagu Tell Me What is Love yang ditambah penari latar yang gelayutan manis di tali – tali. Point ini TLP punya banget. Terus abis Tell Me What is Love juga ada perform teatrikal dari Kai, ini juga sama banget kaya di TLP. Kai Solo dance buat intro Overdose.

Tapi secara aku exo-stan, their performance is great always. Terus lagi itu BaekHyunnya ganteng banget dong….

Udahan deh, kita bahas MAMA, karena emang postingan ini bukan buat itu, tapi? tapi……tapi….. sesuai update instagram Chanyeol….. EXO IS COMEBACK GUYS… 2015, be ready!!

Pagi pas akses internet ada update tentang teaser EXO, udah pada liat kan teasernya? bagaimana ekspresi kalian? Jujur aku langsung cengo, ini jarang banget SM bikin kaya beginian. Dan ini ga sekedar Teaser kalo menurut aku, this is a message. Ada pesan dalam teaser ini, dan aku bener – bener getek pengen ngeshare pemikiran aku tentang teaser ini.

Oke, jadi mari kita mulai..

— EXO Cooming Soon —

1

Video dibuka dengan sebuah gasing sedang berputar. Awalnya video berfokus pada bagian kaki gasing yang sedang berputar sampe kemudian dia sorot gasing secara utuh dengan gasing tersebut terus berputar. Dan lagi, gasing disini terbuat dari material yang bisa kita yakini sebagai baja. Setelah di sorot satu gasing sedang berputar, kamera kembali mengganti scene dengan menyorot satu ruangan yang ternyata dipenuhi dengan gasing – gasing lain. Intinya, ga cuma satu gasing yang sedang berusaha berputar keras diruangan itu. Dan si gasing baja tadi adalah salah satunya.

2 3

Ada yang dapet gambaran sesuatu disini?

Sebelumnya, mari kita gali filosofi dari gasing. Menurut wikipedia, gasing adalah sebuah benda yang bisa dibilang benda yang berumur paling panjang. Permainan gasing ini udah ada sejak lama sekali dan sampai saat ini masih banyak yang menggunakannya. Itu tentang gasing dari segi waktu.

Kemudian gasing dari segi material. Menurut wikipedia juga, gasing bisa dibuat dari macam – macam bahan. Misal, plastik, kayu atau besi seperti gasing yang kita lihat diawal teaser EXO. Ada alasan untuk pemilihan bahan itu, pemilihan bahan disesuaikan arena gasing akan digunakan. Jika gasing terbuat dari besi, bisa dibilang arena yang akan dimainkan arena yang sulit. Maka dari itu dibuatlah gasing dari baja agar permainan bertahan lama.

Lalu gasing dari segi permainannya. Untuk memainkan gasing, satu orang akan memutar atau menarik gasing itu sebelumnya. Semakin kuat tarikan atau putaran, akan mempengaruhi berapa lama gasing itu akan bertahan. Perhatiakn deh waktu main gasing, diawal gasing terhuyung – huyung dalam putarannya. Saat gasing sudah menemukan porosnya untuk berputar, pada babak itulah mereka akan berputar dengan kuat, terus berputar sampai akhirnya akan ada masa mereka berhenti berputar. Perhentian putaran pun akan berbeda – beda, jika mereka berhenti karena kita menunggu sampai habis putaran, gasing akan berhenti dengan pelan tidak akan sakit. Tapi, jika kita memaksanya berhenti, gasing itu akan terjatuh menyakitkan.

Berbelitkah penjelasanku? hahhaa

Oke sekrang mari kita cocokan dengan EXO dan teasernya.

Aku disini ambilnya gasing diawal yang disorot adalah EXO secara keseluruhan. Shot pertama pada poros gasing diaman gasing masih berputar pelan, membawa kita untuk mengingat EXO pada jaman debut mereka. Mereka waktu itu masih gasing pada putaran pertama yang berputar dengan terseok – seok dan mencoba mencari poros yang benar untuk berputar lebih kencang. Pindah shot gasing disorot penuh. Bisa menandakan itu perkembangan EXO jaman growl ampe sekarang, dimana mereka udah menemukan poros dan siap berputar lebih kencang lagi, terbukti kan dengan pencapaian mereka dua tahun terakhir? terus kita pindah pada si material di teaser EXO terlihat jelas kalo gasing EXO terbut dari semacam besi. Disini jelas banget kalo SM sebagai pemilik gasing EXO, pengen kalo gasing dia tahan banting karena dia tahu arena bermain gasing EXO ini bukan ditanah lapang biasa. This is the Kpop jungle. Ini juga dijelaskan, ketika kamera menyorot ruangan yang tenyata ga cuma ada satu gasing, tapi banyak. Ya, EXO punya banyak saingan. Dan SM pengen gasing EXO ini bertahan lama, sama halnya seperti gasing yang menjadi benda paling lama.

Part pertama teaser, membawa kita buat reminiscene perjuangan EXO juga harapan mereka kedepannya.

fiuh~

— EXO Cooming Soon —

4

Setelah selesai dengan perjalanan si gasing, sekarang kita disuguhi dengan pelarian pala bola hitam. Setelah gasing itu, video akan fokus pada bola – bola hitam yang sedang menggelinding entah kemana. Awalnya kita ga tahu lagi dimana ni para bola dan kemana mereka menggelinding.

59

Sebelum dikasih tahu kemana dan dimana para bola ini, kita dikasih tahu dulu tentang identitas para bola. Dibawah sinar bulan (yang emang jadi ciri khas dan aura EXO), bola itu disorot secara tersendiri. Dimana bola tersebut bertransformasi menjadi logo Hexagonal. Logo Hexagonal jelas logo EXO banget kan, jadi disini dikasih tahu kalo bola – bola hitam itu mewakili masing – masing member EXO. Kenapa member  dan engga grup? karena disini banyak bolanya, ga cuma satu.

6 7

Lalu menggelinding kemanakah para bola ini, atau mau pada kemanakah para member EXO ini? sebelum dikasih jawaban lagi, kita malah disuguhi sebuah scene yang kaya ngegambarin suasana tempat tinggal para bola ini. Alias kondisi para member EXO sekarang, apa itu.

8

Pertama, entah duri – duri apa ini. Scene ini berganti setelah si bola hitam berubah menjadi logo hexagonal exo. So? apa ini menandakan kehidupan EXO sekarang berduri? bisa iya bisa juga engga. Duri ini bisa juga menandakan hanya ketidak nyamanan atau ketidak seimbangan semata.

10 15 16

Apa target hidup mereka terlampau banyak dan tinggi? sehingga mereka merasa sesak dengan hidup ini? Kalo diliat dari pola honeytrap diatas aku nangkepnya, SM ngasih mereka target terlalu banyak. Lihat berapa banyak hole yang belum keisi? apa itu tugas para EXO? atau mungkin ini bukan tugas melainkan kekosongan perasaan mereka karena sesuatu? Kalian tahu kan gimana rasanya kalo udah hampa? langit pun berasa terlalu tinggi untuk diraih dan perasaan seperti ini 100%% menyiksa hati. Apa karena ini para bola lari?

11 12 13

Logo hexagonal membeku, tentu ini bukan kelakuan Xiumin semata dong, hahaha. Disini, apakah karena tekanan sebelumnya mereka merasa dingin bahkan beku? Pada gambar pertama logo itu masih jadi bongkahan es bening dengan masalah – masalah sebelumnya mereka bertahan kemudian membeku, mereka kembali bertahan sampai bunga – bunga es pun muncul menandakan betapa kedinginan mereka. Apa ini alasan mereka pergi?

Dilihat dari masalah – masalahnya, jelas sekali para member EXO berlari dari masalah dan ingin meninggalkan tempat itu. Kita hubungkan dengan gasing dan pemiliknya diawal.

Sang pemilik tidak mau gasing mereka hancur, akhirnya untuk mempertahankan para bola untuk tetap hidup dengan harus tidak membeku, akhirnya si pemilik mengambil langkah perbaikan. Apa yang mereka lakukan?

17

Sang pemilik datang. Dia mengambil benda yang aku yakin adalah tempat para bola berlari untuk kabur sekarang. Kedua tangan itu, si pemilik, keliatan seperti memperbaiki semua kerusakan yang telah terjadi. Apa yang dia lakukan?

19

Pertama, seems like si pembuat gasing ini melonggarkan apapun yang mengekang para bola. Terlihat dari susunan balok hexagonal yang melonggar. Ya, setidaknya ini bisa membuat nafas mereka bertambah sedikit.

20

Lalu ada apa dengan pensil baru ini? digambar atas diliatin setumpuk pensil lain tapi dengan posisi dibalik, dengan mata pensil di simpan terbalik. Apa ini? sepertinya member EXO lelah dan ingin menolak apa yang SM berikan pada mereka. Atau EXO lelah dengan semua rumor yang sudah ditulis para paparazi belangkangan ini? terus si SM masukin pensil baru yang menandakan berita baru EXO dengan kehendak mereka, ya comback ini.

23 24

Selanjutnya? SM memperkuat ketahan EXO. Lihat kan kunci pas dan mur, tau kan tugasnya? diliat arah kunci pas berputar, jelas sekali ini fungsi buat nguatin. Ini buat jawaban dengan goyahnya moto we are one mereka. We are one tapi satu persatu member mereka keluar. Oke disini SM memutuskan sebelum comeback, kokohin lagi solidnya member EXO.

25 26

Las step, SM menyusun Hexagonal dengan posisi benar. Mereka memasukan semua komponen pada satu kesatuan, berharap solusi ini bisa membaut EXO kembali tangguh dan kuat untuk menghadapi perjuangan selanjutnya. Setelah semua hal yang SM lakukan selaku pembuat gasing, apa yang EXO rasakan? mereka bisa kembali melihat bulan dilangit kelamnya.

Dan akhirnya?

28 29

Kita tahu dari mana para member ini berlari. Mereka berlari kabur dari MAZE OVERDOSE, 10 bola berhasil keluar tapi apa kalian sadar ada dua bola tertinggal didalam? Apa itu Kris dan Luhan? SM membiarkan mereka tetap tertinggal didalam Maze.

Kenapa Maze overdose? mungkin karena emang EXO baru punya satu labirin, mungkin karena memang era overdose adalah era paling menyeramkan sesuai dengan penjabaran menyeramkan yang membuat EXO pengen kabur dari sana. Kalo diinget – inget overdose emang era EXO paling ga pengen fans inget dengan segudang rumor dan badai menyakitkan. Mungkin disini SM ga pengen EXO terus – terus merasa sakit, akhirnya mereka melepas EXO keluar dari maze tersebut. Meski diawal kita semua tahu kan? Overdose adalah maze tanpa jalan keluar, tapi dengn bantuan SM mereka keluar….

Untuk dua bola yang tertinggal. Luhan dan Kris, apa SM membiarkan mereka tertinggal disana? atau SM memutuskan perjalanan mereka berdua berhenti, karena mereka masih terkurung dengan 10 member lainnya melaju pada babak selanjutnya.

Kalo bagi aku, dua bola tertinggal itu sebagai penanda Overdose adalah era dimana Kris dan Luhan abadi terkenang disana. Karena di Era selanjutnya mereka berdua udah ga ada kan…

Hemh…

How?

bagaiman pendapat kalian?

pegel ah ngetik mulu dan udah waktunya kembali pada dunia nyata. Kita tunggu aja album terbaru mereka dan semoga tahun depan mereka membaik dan terjauh dari rumor – rumor sebelumnya.

30

-Kkeut.

48 thoughts on “2015 – Coming Soon [E.X.O]

  1. Huaaa kak apreel, let me curhat sedikit/? ._.

    Tadi malem, aku uda dapet ijin buat begadang ngeliat muka onyoh baekhyun cs😀
    And you know what, kak? Mati lampuuuuuuuuu!!!!😥
    Kan ngek banget kek gitu ._.
    Mana idupnya lama lagi e,e

    Jadi, sekarang aku dikit puas lah baca artikel dari kakak ._.
    Hehe, trimseu syekaleh kakak❤ /pelukin/

  2. Ehem /ngapus air mata(?)/. Eonni… cuma bagian terakhir yg pertama kali ditangkep (?) pas nonton yang aslinya. Dan ternyata… ahh.. >< #iniapaan-_-
    Oh ya, comebacknya single apa album? Temen aku nanyain itu terus ke aku /curhat ceritanya-_-/
    Oke, sekian(?)

  3. aku setuju kak, tapi kalo ternyata ini cuma iseng isengnya sm (teaser sengaja dibikin penasaran, gelap, misterius, dan ternyata mv nya nari nari di hutan tropis kan ga lucu) ada juga yang bilang exo mo nambah member baru lah, ini itu lah, tapi aku paling setuju sama ini. dan yang gambar rubik, pensil, ada aja yg mikir itu luhan ama kris (kris kan picasso nya gitu) (aku juga haha) pokoknya aku setuju sama kakak, sama analisis kakak. kakak pinter deh.

    • tunggu tunggu, ko aku ngakak ya baca komen kamu nanti MV mereka nari2 di hutan tropis,\
      aduh😄
      masa sih mereka nanti nari hula2 dengen teaser kaya gini, kalo beneran melenceng SM butuh terapi ini mah,

      kalo masalah isu2,
      aku sih ga pernah ambil pusing, secara EXO dari lama juga penuh dengen rumor yang bikin lelah,
      masalah rubik sama pensil, setuju… itu ngingetin sama Kris – Luhan banget,
      duh duh…

  4. SAKIT BGT YG DENGER BAGIAN KRIS LUHAN AHHHHH KAKA MAH ;(

    Aku selalu suka footnote begini…walaupun ultimate bias aku udh ilang tp tetep aja exo emg tetep 12 tapi ah taudeh. Aku masih berharap banget mereka comeback walaupun mustahil tapi ahhhhhhh ;( intinya aku suka bgt sama penjelas kaka disiniii!!!

    • sini sini aku peluk biar ga sakit,
      ya mau gimana lagi, Kris sama Luhan udah milih jalan sendiri,

      mustahil emang mereka balik lagi,
      tapi kalo liat status mediasi dua – duanya kan belom beres, kali aja ada keajaiban,
      Ayo kita bernyanyi Miracle in December

  5. Dari semua pertanyaan kak april diatas.. Jawabannya gua semua.. Oh yaampuuuunn… Mreka keren banget di sana..:3 apalagi KyungsooBaekçhen itu suara mreka kenapa sih yaallah gtu amat.. kyaaaa.. *mendadak fangirlingan*

    padahal yah tdinya aku udah pasrah aja looh klo EXO gk bawa plang award.. Krna yah hasil vote mreka kalah banget.. Eh ternyata yaAllah.. Mreka malah ngeborong..:3 aku nangis masa pas bagian mreka ngambil award album of the year itu.. Terharu banget liatnya.. *okegualebay* *curcol*

    kak april ih.. Tengkyuuu so much.. Muah muah..:* :*
    aku pas nnton teasernya gk ngerti masa.. Pling aku cuma ngeh sama yg gambar labirin terakhir itu doang..hohoh..
    Tpi abis baca postingan kak april ini mewakili banget apa yg aku gk ngerti dri teasernya..huhuhu..

    Moga deh yah taun depan bakalan jadi taunnya EXO lagi.. Trus taun ini jadi kenangan dan pelajaran aja deh yah buat EXO sma EXO-L… Kan distiap kejayaan itu psti ada disaat dimana kita itu jatoh.. Jadi moga aja taun2 kedepannya klo misalkan EXO mulai jatoh lagi/ bukannya ngedoain/ kita udah siap ngadepinnya..:3

    eh yaampun ini komenan panjang amat yak..? Yaudah deh kak april skali lagi tengkyuu..:* :*

    • wahh nonton Live ya?
      pengen sih kemaren malem tuh streamin tapi kalah sama ngantuk, akhirnya memutuskan donblot aja acaranya dan baru di liat ulang tadi malem secara keseluruhan,
      hahaha
      Keren banget kan Trio BCD pas tampil Tell Me What Is Love,
      kalo ada Luhan, mereka berempat deh yang nyanyi,
      hahaha

      MAMA tuh voting cuma 30%,
      juri, musikus, penjualan album masih ngefek banget sama kaya GDA.
      Duh GDA nih didepan mata semoga mereka dapet lagi,
      kalo dapet lagi, keren kan dua tahun berturut2 mereka,

      kkk~
      sama sama ^^
      semangat semangat buat EXO next album ^^

      • Engga siih.. Aku nnton yg di indosiar..Hhe..:3 :3 Niatnya emang pgn nnton live gtu pke streaming.. Tpi sinyal drumahku lemot banget..–” *melas* iyaaa uwaaa.. Suaranya tuh looh.. Gk nahan..>< he eh bner kak.. Psti klo ada Luhan sama dia juga..

        Iya emang,, brarti kan mreka emng layak jadi pemenang..hohoho.. Iya moga aja mreka GDA dpet lgi.. Amiin dah amiin..:3

        iyaap Semangat..XD😄

      • Iya kak.. Tpi mlem banget.. Jam stengah 12 baru tayang.. Trpaksa deh begadang..:3 :3 Emang taun kmren juga indosiar nayangin ya kak..?

  6. Aku gak terlalu fokus sama apa aja yang ada di teasernya EXO.
    Tapi buat 2 bola yang masih terkurung di dalem, pikiranku sama kayak pikiran kakak.
    Aku sih berpikir bola itu dibiarin ada di dalem, supaya ngingetin ama EXO-L kalo Kris ama Luhan udah abadi di masa itu, mereka gak bisa keluar, mereka gak bisa kembali, mereka akan hidup di jalannya sendiri. Dan itu sakit banget😦
    Aku jadi keinget tanggal 14 Mei, dimana Kris pergi terus aku langsung nangis kenceng di kelas, temen-temenku pada panik, ampek ketua kelasku masang wajah konyol, tapi itu gak ngefek yang pada akhirnya dia meluk aku gak peduli kalo dia cowok dan bukan namja-ku >.<
    Huwaaaaaaa ㅠ_ㅠ
    Aku pengen Kris ama Luhan ngucapin selamat tinggal dulu secara resmi ~_~

  7. Waah sis kereen
    pagi baru aja aku liat videonya.. Bingung, cengo haha maksud videonya apa coba. terus nemu postingan ini, aku tonton lg videonya, dan akhirnya aku ngerti…!! Setuju sama pemikirannya sis, Makasih bgt😀

  8. Amiiin…
    Whoooooaaa Daebaaak !
    Fantastic !
    Amazing !
    Luar biasaaaaaa…
    aq heran, knpa pmikiran Apreel bsa nyampe sana ya ? Tp, pmikiran aq g nyampe lho ksna… pdhl kn qt seumuran ???😀

    Apreel pas zmn2 sekolah n jd mhasiswa dlu aktif d kmhsswaan n ekskul ya ???
    Kritis bgt soalnya… Pinter ngeanalisis !

    Klo aq ch pas liat ntu teaser prtma x skitar jm 4 pg hr itu, mngkin skitar 6 jam stelah perilisn, tp aq g ngerti sma skli mksudnya, mlah smpet horor jg ngliat ntu teaser knpa ko auranya gelap bgt, misterius…
    Smpet ch aq mikir, g mngkin bgt klo SM ngluarin teaser yg abal2 aka g pya pesan n mkna sma skali, ini pasti ada pesan tersembunyi didlmnya !

    Dan yaaa, bener z, analisis Apreel d atas aq kira masuk logika semua… aq setuju….
    Stelah Apreel mly mnganalisis, bru dah pikiran2 aq mly trbuka n kmbli mmutar lg ingetn2 q, smbil trus bca analisis dr Apreel, q mly ikut mnebak2 jg,,
    Aq setuju sma analisis Apreel…
    Klo liat teasernya lngsung mh lieur atc, da cpt gtu muter nya, tp pas liat potongan2 foto tiap2 scene nya, bru dc aq manggut2, oh iya, oh iya, oh iya…
    1000 jempol dc buat Apreel bt kejeliannya menganlisis…😉
    Mngetahui 2 member tetap ddlm Maze Overdose, sdkit mmbuat q sedih kmbli, kangen mreka ber12, sprti halnya kangen Suju dgn Prom15e to 13elieve nya…
    y sdhlah…

    tp, ada sdkit slah ngetik yg mrubh arti, itu penghargaan ke 3 EXO d MAMA g salah ? Bknnya hrusnya MALE yaa ???😀

    okeh dah, aq tunggu Comeback EXO nya…
    Aq jg tnggu krya2 Apreel yg lainnya…
    Selamat bt EXO atas 5 penghrgaan yg dibwa pulang…

    Mian banyk cangcingcong geje ini…
    haha udh kebiasaan…😀

    • ngakak guling – guling
      duh mataku segitu siwernya ampe nulis EXO jadi FEMALE,
      aduh jadi membayangkan BaekHyun CS pake baju cewe,
      hahahha
      thanks Ntri dah koreksi, tapi kayanya ga bakal aku ganti ah😄
      hahaha

      pas kuliah?
      ga juga😄
      aku cuma ikutin satu UKM dan juga aku ga iktu BEM,
      why?
      karena aku mah orangnya ga terlalu suka ribet sama yang bukan kesuakaan sih,,
      hahaha
      Jadilah seperti ini😄

      lebay deh Ntri,
      ini cuma ore2tan ika aja,
      berbagi pemikiran yang belom tentu bener
      hahaha😄

      but thanks yaaa❤

  9. wah aku juga baru denger comeback mereka dari temen ku .-. jujur aku enggak terlalu ngefans cuman anak-anaknya aja yang bikin greget😀 dan masalah skandal begituan aku paling update banget .-. #gubrak dan kalau terperinci lagi, aku ngerasa emang kayak gitu. Sesuatu yang gak bisa terlihat bisa kita identifikasi sendiri lewat beberapa benda asing begitu. Aku pernah liat MV Suju yang Sexy, free, and Single juga ada maknanya. Jadi pas ada yang hancur, mereka semua hancur dan hancur dan hancur #? terus ada adegan bersatu lagi.. dan tadaa aku gak ngerti -_-

    tapi aku rasa dua bola itu emang ngeselin disana. Kenapa disisakan? mungkin emang ada makna tersembunyi dibalik benda-benda itu. Aku coba nonton dulu deh .-. thanks reviewnya😀

      • emang sesuatu banget tiba-tiba pas buka twitter tl penuh gosip beredar mereka berdua .-.

        mungkin emang konsepnya juga ada maknanya gitu dari MV sunbaenya mereka jadi ya..lebih complete lagi karena grup bawahan mereka sedang ditengah jurang/?/ jadinya dibuat coming soon. #sepertiituprediksinya sayangnya dua bola didalam maze itu gak ikut serta maksudnya.

        oke oke no prob^^

  10. Rubik(luhan)+ pensil(kris) …
    iya.. mungkin dua bola itu krisHan yg SM mngkin pengin ngejelasin klo mereka udh stop di era overdose. tpi apapunlah.. terserah SM..
    Nunggu bnget comebacknya exo.. and.. pengin mereka mampir ke weekly idol

  11. Waah~ keren bgt analisis ny eon! *aku boleh panggil eonni kan ya? Hehee.. mian klo sok akrab.
    Aku setuju bgt sama penjelasan ini, apalagi yg terakhir. Kris sama Luhan abadi di jaman overdose.. waah~

    Tapi ada satu misteri lagi lho eon, pas es heksagonal membeku, kemudian hancur (kira” pada menit 0:22) ada 3 huruf yg muncul.. kayak huruf “S T Y” gitu. Itu maksudnya apa ya eon? Pas aku nonton di indosiar, aku liat hurufnya. Tapi pas nnton di yutub, gak keliatan..
    Mungkin karena di TV lebih gede dan lebih bersih kualitasnya kali ya..
    Di yutub bnyak juga yg ngomen tentang huruf “S T Y” itu.. berarti kan bukan aku aja yg liat tuh huruf.

    Terus eon, ada juga yg bilang kalo 1gasing di awal berarti bulan 1 (januari), terus ada 4lampu yg hidup di ruangan yg ada bnyak gasing ny berarti minggu ke 4. Trus, jumlah gasing dalam ruangan ada 23, berarti tanggal 23. Jadi exo comebacknya tgl 23 januari 2015.
    Tapi gak tau lah, ini benar ato nggak.. hehe! Kita tunggu aja pastinya..

    Tapi aku suka bgt lho sama penjelasan eonni disini, masuk akal dan keren bgt deh pokok ny.. makasih eon~

    Makasih juga jadi bisa berbagi pemikiran disini eon.. hehe, salam kenal..
    *salam kenal kok malah di akhir ya? Hohoho

    • Hai haii Chiibey,
      salam kenal juga yaa ^^

      Wah bener nih,
      aku puter lagi videonya emang bener ada tulisan itu,
      tapi bukan STY deh,
      semacam ada huruf lain antara S dan T tapi item ga keliatan,
      entahlah apa itu maksudnya,
      dan untuk satu gasing yang merujuk ketanggal comeback,
      boleh juga ^^
      kalo beneran asik nihXD

      heheh
      sama sama juga ^^

  12. Hiyaa nyesek banget kris sama luhan huhu… :” sakit banget. :”( katanya yang STY, aku liat di komen komen exo L itu artinya Stay Tao Yixing. I don’t know lah. Yang penting semangat buat exo😀 . Ngomong ngomong analisisnya keren banget hyahaha…😀 cocok jadi detektif😄

  13. Keren banget kaa! (y)
    Analisis nya sampe mendatail gitu, aku ga kepikiran sampe disitu.
    Yang 2bola ketinggal d dalam maze aku kira bola2 itu juga bakal menggelinding keluar, dan exo jd 12 formasi lagi. Aku baca artikel d internet tadi, katanya “exo akan comeback dengan membawa kris dan luhan ditahun 2015” tapi aku juga ga tau kebenarannya sih ka, tapi aku sempet seneng baca artikel itu. Ditambah lagi postingan kaka ini membantu bgt buat nerjemahin teasernya exo. Daebakk! Keren banget, aku ga kepikiran sampe situ sumpah!
    Oke deh ka, sorry koment nya panjang X lebar. Moga aja karier exo lebih baik dtahun 2015, dan makasi bgt buat postingan kaka!🙂
    #Daebak (y)🙂

    • Haii listia ^^

      heheh
      thanks yaa udah menikmati sharing ini🙂
      kalo masalah krishan balik ke exo aku ngerasa itu imposible deh,
      secara sekarang aja mereka udah milih jalan sendiri,
      tapi who know’s ^^

      • Iya ka, aku juga ga yakin. Sekarang mereka udah bersolo karir, udh ngambil jalannya sendiri. :’
        Makasi ka postingan nya berguna bgt, ditunggu postingan lain nya ya kaa ^^

  14. kak,,, kakak nangkep nggah sih kalau sebelum akhir dari teaser entah di detik keberapa, dua bola itu sempet ada ditengah maze? dan setelah diakhir mendadak mereka jadi terpisah lagi?jadi kaya jalan terus gitu?

    Dan pas aku ngeliatin, jalur dua bola itu sama. dan saat di ending teasernya, mereka itu masih jalankan? dan itu arahnya kedalam mazenya, ke bagian tengah.
    yang jadi masalah, kalau aja dua (aku bilangnya kris ama luhan ya kak-_-), kalau aja mereka berdua mau mundur, bukannya maju ketengah maze, mereka bakal nemuin jalan keluar. jalur yang sama itu, kalau aja mereka bersedia mundur dan mengabaikan kepentingan mereka sendiri, mereka bakal nemuin jalan keluar kak.

    sumpah sdih! -_-,, aku nggak bisa nangkep maksud apapun yang SM pingin sampaikan dari teaser ini. intinya mereka seolah nyampein kalau mereka itu lebih mentingin diri sendiri dibanding EXO. apaan coba?
    belum lagi mereka mau solo. kalau ingat EXO Showtime, aku jadi pengen nangis, ngeliat gimana mereka seolah berpendirian bahwa mereka akan selamanya di EXO. aku bayangin pas MAMA kemarin Kris nampilin martial art, dan Luhan menjadi LAKI-LAKI HEBAT seperti targeynya sebagai member EXO.

    kakak~ hibur aku….
    aku ini sebenarnya shawol~ tapi gegara Maze sialan itu aku jadi terperangkap juga,,, T><T…..

    • ah,
      right…
      mereka malah terus jalan menjauh, jauh kedalam maze,
      apakah artinya mereka bener2 ga pengen keluar kumpul sama yang 10,
      ah,
      memang mereka udah punya jalan sendiri,

      Cup cup cup,
      yang penting kita masih punya yang 10 kan ^^

      • Hiks~ aku selalu miris tiap liat MV wolf, yang Kris nya nenteng-nenteng tas itu,,, kalo di masukin ke sekarang, #atauDimasuk-masukin kaya nyambung,,,T.T

        sebelumnya udah muncul harapan pas nyadar mereka cuma harus mundur buat kumpul OT12 lagi, tapi di google udah ribut tentang mediasi kris yang gatot dan Luhan yang mau solo karier…

        OT10, sepuluh orang itu, sebenarnya mereka itu orang yang menang atau kalah? aku selalu mikir gitu. apakah orang yang memlih hidup dalam dunia yang dibuat orang lain itu menang? atau malah LuKris, yang memilih menyerah tapi menjadi diri mereka sendiri walau harus melepaskan semuanya adalah orang yang menang?

        gumawo kak, udah nemenin curhat abal ini,,,T.T
        cuma depresi aja abis ngeliat MV last gamenya luhan. Hiks

      • Aduh ajeng,
        hal kaya gini jangan terlalu dipikin pusing deh,
        nanti yang bingung kita sendiri,

        tentang salah dan benar, menang dan kalah kita ga bisa liat dari satu sisi, ada dua sisi mata pisau yang berbeda untuk arti kemenangan,

        Well,
        itu hidup mereka, kita sebagai penikmati, just do what we should,
        Fighting,,

      • yep…. hiks,,,#nangis

        Dengan latihan sehari-hari mereka dan keringat yang menetes, dan pengejaran konstanmu dan perbaikan dalam persiapan ujian, mereka memang tahu bagaimana caranya menari dan menyanyi, namun percaya padaku, kau akan mempelajari banyak hal yang mereka tidak akan pernah tahu seumur hidup._48Hours

        ketika perasaanmu dimabukkan oleh persahabatan mereka,kenapa kau tidak mulai memerhatikan sekelilingmu?_48Hours

        Ini tidak menjelaskan apapun melainkan fakta bahwa manusia bersatu bila takdir memanggil, ketika kau telah menyadari poin ini, kau mungkin telah melalui dan menjadi dewasa lewat sekian banyak perpisahan dan pertemuan, namun pendewasaan datang dengan sebuah harga dari masa muda, ini juga sama untuk orang-orang ini (EXO), dan seiring kau menemani mereka ketika mereka tumbuh, kau mungkin secara bertahap mengerti; pengalaman dan kenagan itu pada akhirnya lebih penting daripada hasil, baik itu baik ataupun buruk_48hours

        Yep! author 48Hourse+Step kumasukin quotenya,,,#menghiburdirisendiri…

        Gumawo Kak,,, you’re the best
        Keep writing

  15. “Kalo bagi aku, dua bola tertinggal itu
    sebagai penanda Overdose adalah
    era dimana Kris dan Luhan abadi
    terkenang disana. Karena di Era
    selanjutnya mereka berdua udah ga
    ada kan…”
    nyesek kak bacanya,sumpah!😥 tapi kalo dipikir2 mungkin memang seperti itu kak SM menjabarkan arti dari semua ini *halah
    sampe sekarang aku masih kaya gak percaya dan gak mau aja kak kalo mereka itu kehilangan member. rasanya tuhh beda, aduhh aku gk tau lhaa pokoknya mereka itu ttp EXO OT12 bagiku

    • /peyukk/
      yah mau gimana lagi say,
      Kris Luhan sudah menjadi aktor dan mereka sudah bahagia dengan popularitas barunya,
      at least, kita masih punya 10 priceless alien yang terus kita support,
      right?
      Be strong❤

  16. Kak, ini keren sumpah. Jelas, detail dan yg aku fikirin itu cuman “kenapa banyak banget orang yg niat ngejelasin panjang lebar tentang kerumitan yg suka SMEnt bikin” salut kak. Dari sekian artikel yg arum baca, emang banyak yg detail dan ngejelasin. Tp ya itu, daebaknya kaka, niat merhatiin satu persatu, aku waktu pertama liat teasernya cuman di liat aja dan biasa aja cuman bilang “oh 2015 dia comebacknya” #plak, bukan fans exo yg baik haha#
    Tapi serius kak, aku cuman peminat musik yg sekarang sedang kena demam 12 cowo ganteng yg 2 nya udah gaada. Akaka-_- udah ah jadi capruk gini, kasian ntar ka april malah bingung aku ngomongin apa-_-
    POKONYA INI KEREN AKU SUKA DAN TERUS LAH MENULIS SEPEGEL APAPUN ITU^^
    Kunjungin blog arum juga ya kak. http://arummartian.blogspot.com/^^ arigatou~

  17. wuah daebak (y) analisis yang terakhir kita sepemikiran juga -,- halah bodoh amat lah klo emang mau stop aja sampe era overdose kita mah bisa apa atuh._. luka nya membekas banget, soalnya udah full percaya sma mreka berdua tapi lagilagi hati ini dihempaskan begitu saja, mau marah tapi sama siapa -,-
    bye bye aja sama dua bola itu semoga bahagia dengan jalannya sendiri. kalo denger exo mau tambah member pasti banyak fans yang gak setuju, tapi klo kejadian beneran ya fans bisanya nerima aja, kembali lagi “kita mah bisa apa atuh._. jdi inget speech nya lay di mama yg menggebu gebu itu wkwkwkwk mungkin dia juga udah capek dengan semua rumor dan masalah nya exo. semoga tahun 2015 exo bisa stabil lagi. tenang aja fansnya exo bnyak kok biar bnyak masalah tpi yg dukung juga bnyak. buktinya exo menang best selfie kmren kekekeke
    otak otak staf nya SM emang daebak deh~ authornim juga jjang wkkwkw

  18. Halo kak Apreel. Hehehe
    Iseng-iseng blogwalk (lagi) disini. Walau aku belum nonton teasernya, tapi analisismu jempol bgt deh Ka. Sampai mendalam gt.. udah semacam netizen-netizen di Korea. Hoho.. keren nih yang junior analyst di DAS.. ;D

    Fighting buat proyek-proyek di kehidupan nyatanya ya… Ok

    Yukk ngerjain TB lagi!!!😄

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s