[Review] Anime – Clannad

Tomoya Okazaki, murid kelas 3 SMA yang terkenal sering bolos. Bukan tanpa alasan kenapa Tomoya membenci sekolah, keluarganya hancur dengan Ayah yang menjadi pemabuk, ditambah hal yang menjadi impian Tomoya sudah hilang. Impiannya untuk menjadi pemain basket sirna, ketika dia mendapati tangannya sudah tidak bisa digunakan untuk bermain basket. Mendapati dirinya menyedihkan seperti ini, membuat Tomoya menyerah dengan kehidupan sekolahnya dan menjalani dengan sesuka hati.

Sampai suatu hari, Tomoya bertemu dengan murid perempuan yang terlihat ragu melangkah kesekolah. Nagisa Furukawa. Murid kelas 3 sama dengan Tomoya, hanya saja ini adalah tahun dia kembali masuk sekolah setelah tahun sebelumnya dia cuti karena sakit. Jadi bisa ditebak seharusnya Nagisa adalah senior Tomoya.

Dengan Nagisa, sosok gadis lemah yang baru kembali kesekolah dan memiliki segudang mimpi sebelum mereka lulus, membuat Tomoya menjadi dekat dengannya dan membantu mewujudkan impian Nagisa, menjadi pemain teater. Sebuah uluran tangan yang membuat Tomoya maupun Nagisa mengenal lebih banyak orang.

Kyou dan Ryou sikembar berambut ungu. Dua saudara kembar yang sangat kontras kepribadiannya. Ryou yang lembut dan manis, sedangkan Kyou kasar dan galak. Kyou dan Ryou yang juga menjadi sahabat terdekat Nagisa dan membantunya membangun kelompok teater bersama Tomoya.

Fuko, si gadis ukiran bintang. Murid tingkat satu yang selalu membuat ukiran bintang dimanapun dia berada. Sebuah ukiran yang ternyata dia buat untuk diberikan pada murid lain agar mau datang kehari pernikahan kakaknya. Ada sebuah rahasia di balik hubungan Fuko dan Kakaknya. disana Nagisa dan Tomoya membantu Fuko dengan menyebarkan ukiran bintang. Tapi satu fakta terkuak, ternyata Fuko yang mereka temui selama ini adalah jiwa dari Fuko yang tengah terbaring koma dirumah sakit.

Kotomi, murid tingkat 3 yang terkenal dengan kejeniusannya. Dia jenius tapi tidak bisa bergaul dengan dunia. Dunia kotomi hanyalah buku, perpustakaan dan rumah. Dia bahkan tidak mengikuti kelas regular seperti murid lain. Ternyata sebuah rahasia terungkap, Kotomi adalah anak yatim yang ditinggal meninggal oleh orang tuanya. Ditinggal sedari kecil membuat Kotomi tidak memiliki teman. Disini Nagisa, Tomoya dan kawan – kawan membantu Kotomi untuk bergaul dengan lingkungan. Dimana pada akhirnya Kotomi menjadi bagian dari klub teater mereka.

Tomoyo, murid tingkat 2 yang terkenal dengan ketangguhannya. Klub teater mendapati posisi sulit untuk beraktivitas karena jumlah anggota dan peraturan dewan sekolah yang ketat. Sampai akhirnya Tomoyo berhasil menjadi ketua dewan sekolah dan mempemudah Klub teater Nagisa untuk beraktivitas.

Sunohara, murid tingkat 3, sahabat Tomoya. Sama dengan Tomoya, Sunohara juga terkenal malas disekolah, dia telah menyerah dengan perjuangan disekolahnya ketika dia gagal mendambakan impiannya menjadi anggota tim sepak bola. Kelak, Sunohara akan menjadi bagian dari klub teater Nagisa.

.

.

Anime? Ini semacam penyegaran. Mencoba menonton Anime dan ini jadi Anime pertama yang aku ikutin selain anime – anime pas kecil dulu. Dapet judul ini, setelah cari – cari referensi di goolge tentang Anime tema romance. Ya, meski nyoba sesuatu yang baru, tapi aku bisa ngikutin kalo anime itu genre action atau yang lain – lainnya.

Jadi?

Ini kesan pertama nonton Anime, terlebih untuk Clannad.

Suka sama kisah tiap episodenya, manis banget ala anak SMA pada nyatanya. Penuh dengan semangat, cinta, persahabatan, cemburu bener – bener gampang ngebayangin posisi di Anime ini.

Dengan sososk Nagisa sic ewe polos, terus Tomoya cowok bandel tapi perhatian banget kalo udah suka sama cewe. Disini dari episode awal udah kebaca emang, kalo akhirnya Tomoya bakal sama Nagisa, tapi jujur kalian bakal menikmati moment – moment mereka jadi deket.

Belom lagi tiap episode mereka bakal bawa masalah yang berbeda. Kalo menurut aku sih Anime ini tuh terbagi menjadi 4 sesi.

Sesi pertama, dimana masalah muncul dari gadis bernama Fuko. Jadi selama kurang lebih empat episode, Fuko yang menjadi pembahasan tokoh utama masalahnya. Tapi tetep, Nagisa dan Tomoya yang menjadi tokoh heroine yang selalu ada untuk membantu Fuko. Dari semua cerita, sisi Fuko lah yang bikin aku nangis, beneran banget deh, kisah Fuko ini menyedihkan sekali.

Sesi dua, masalah muncul untuk menguak masa lalu Kotomi. Beberapa Episode akan full bahas masalah Kotomi. Dari mulai masa lalunya, kaitan Kotomi dengan Tomoya dan tentu kasus Kotomi ini nambah persahabatan mereka makin akrab. Terbukti dengan Kotomi yang akhirnya menjadi bagian dari mereka.

Sesi tiga, masalah muncul dari perasaan cewe – cewe disekitar Tomoya. Disini fokus sama Kyou, Ryou dan Tomoyo. Ryou selama ini suka sama Tomoya dan Kyou selalu membantu agar mereka bisa pacaran. Makanya, ketika Tomoya minta bantuan mereka buat bantuin Nagisa, mereka mau – mau aja, asal bisa deket sama Tomoya. Ya, awalnya emang Ryou yang suka tapi ditengah episode, Kyou merasakan perasaan yang sama ke Tomoya. Ga cukup dengan peliknya perasaan Kyou – Ryou, tiba – tiba datang Tomoyo yang entah kenapa dan sejak kapan jadi dekat dengan Tomoya. Terlihat jelas sebenarnya, Tomoyo juga naruh rasa sama Tomoya. Tapi sayang, cinta tiga gadis itu harus terhempas ketika sadar, cinta Tomoya hanya untuk Nagisa.

Sesi empat, masalah datang dari Nagisa dengan teater dan masa lalu keluarganya. Disini masalahnya sebenenrya menurut aku terlalu Klise dan terlalu berlebihan. Tapi aku lihat dari sisi bapaknya Nagisa yang ngasih petuah keren banget. Tentang, Dalam sebuah keluarga tidak ada saling mengorbankan mimpi. Saat orang tua memiliki anak, saat itulah mereka menyerahkan mimpi mereka dan mendukung anak mereka. Aku suka cara bapa Nagisa menjelaskan bahwa tidak ada yang salah dalam hal menyerahkan mimpi mereka. Ya, meski agak alay visualisasinya, tapi bobot yang disampaikannya keren.

Jadi itu empat alur cerita ini, paling suka sama masalah dari Fuko dan masa lalu Nagisa. Banyak banget buat pembelajaran hidup disana.

Terus, tentang penokohan.

Meski tokoh utamanya Nagisa – Tomoya, tapi tokoh favoritku disini adalah Sunohara. Entahlah, aku suka tipikal cowo kaya gini. Sunohara itu orangnya jayus, romantis kadang terkesan bego juga. Tapi kalo dia udah serius apalagi menyangkut orang yang dia sayang dia bakal berubah 360derajat. Dua kepribadian yang menurut aku seimbang. Suk banget cara Sunohara lewatin hari – harinya dengan menikmati hidup. Terus pas dia marah – marah juga gara – gara Nagisa nyerah gitu aja, duh ini nonjolin sisi dia yang lain. Keren. Sayang disini Sunohara ga diceritain dapet cewe, kasian.

Sisi romantisme?

Banyak……. Hampir tiap episode romantis – romantis semua. Dan yang bikin betah tuh, manisnya Nagisa – Tomoya ngalir gitu aja. Aku suka bangetdan greget pas Nagisa sakit terus ga masuk sekolah berhari – hari dimana ngefek sama Tomoya jadi galau banget. Duh ini manis. Terus Tomoya yang selalu ada disamping Nagisa buat dukung dia, ini juga nilai plusnya. Lagi, pas di episode terakhir dimana Tomoya menyatakan cinta pada Nagisa, duhh ini super manis.

Mungkin akan menyenangkan jika kita bangun pagi besok dan kita sudah menjadi sepasang kekasih,

Cewe mana yang ga klepek – klepek denger kalimat kaya gini, termasuk Nagisa yang langsung nangis, hahaha.

Terus di Clannad ini juga sering diselipin cerita tentang seorang gadis dan robot rongsoknya yang tinggal di dunia yang sudah berakhir. Mereka tinggal hanya berdua di dunia yang sepi itu. Cerita ini diakhir episode bakal diangkat jadi pertunjukan teater Nagisa.

Diawal episode aku bertanya – Tanya, apa hubungannya cerita gadis ini dengan cerita Clannad? Tapi menjelang episode akhir aku dapet dikit gambaran, ga tau ini penafsiran bener atau salah😄

Diakhir, pas mereka mau gelar teater, Nagisa yang nyusun ceritanya. Dan dari naskah keseluruhan hanya Nagisa yang tahu tentang dongeng itu, meski Nagisa berkilah kalau dongeng itu terkenal tapi ga ada seorangpun yang tahu. Kebetulan, menjelang pementasan Nagisa mendapati dirinya terus merasa bersalah sama orang tuanya. Dia berasa pernah menjadi beban orang tuanya dimasa lalu tapi dia ga inget.

Jadi aku narik kesimpulan kaya gini. Gadis dan boneka rongsok itu, adalah Nagisa sama rasa bersalahnya dialam bawah sadar. Keliatan dari Cuma Nagisa yang tahu dongeng itu. Terus juga pas Nagisa udah pentas teater yang berarti dia udah menggapai mimpinya ditambah perasaan bersalah dia pada orang tuanya sudah beres, gadis dan boneka rongsok itu pergi dari dunai itu.

Sempet diawal Nagisa bilang dia tahu jalan ceritanya tapi ga tau judulnya, dia juga ga tau akhir ceritanya. Tapi pas teater beres tiba – tiba Nagisa tau akhir kisah si gadi. Jadi aku simpulkan si gadis dan boneka rongsok itu adalah pergolakan batin Nagisa. Ketika dia merasa terbuang, sendiri dan perasaan bersalah pada orang tuanya.

Hah..

Gimana? Ada yang udah pernah nonton? Apa asumsiku bener, haha

Pengalaman pertama nonton Anime, apa bakal lanjut? Entahlah, sekarang lagi semangat baca – baca lagi Novel dikamar yang belum tersentuh jadi mood nonton udah turun lagi, mungkin kalau ada Anime bagus bisa dicoba.

Secara keseluruhan aku menikmati Anime ini,

Aku kasih, 7 dari 10

18 thoughts on “[Review] Anime – Clannad

  1. Udah nonton Clannad After Story? Itu juga keren kata temenku, cuman katanya ceritanya absurd gak jelas gitu. Aku belom nonton anime ini karna kurang suka sama karakternya yang mukanya terlalu loli/imut kayak gini hahaha. Tapi pas liat review ini, kayaknya bkal nonton ini anime karna ceritanya bagus. Oh ya, Anohana juga keren loh! Setiap episodenya di jamin bikin nangis. Cuman mungkin gak ada unsur romancenya, tapi realistis bgt.

    Oh maap komentarku oot-_-v

    • Hei hei,
      wah after story nya masih dalam proses donlot, baru mau nonton,
      iya sih banyak yang bilang After Storynya ga terlalu bagus,
      tapi penasaran juga sih,

      ah yang Anohana yang persahabtan itu kan, pernah baca juga sinopsinys dan udah bookmark lingk DL-nya ^^

      • Btw, kamu lagi nyari anime tema romance ya. Aku saranin yang bagus dan gak mainstream; Toradora (ini aku rekomendasiin banget!), Lovely Complex (ini animasinya awalnya emg gak bagus, tapi kalo udah kesana-sana lumayan lah. Dan dijamin ngakak!), Kaichou wa Maid-sama, Tamako Love Story (Tamako Market), Ao Haru Ride, dsb (gak bisa nyebutin satu-satu karna banyak x[). Aku gak tau itu sesuai sama kamu atau nggak, tapi semoga bisa membantu😀

        Tbh sih aku juga lagi proses download anime anohana xD

      • Woahh,,
        boleh nih nanya2 sama kamu masalah Anime,
        secara Romance lagi lanjutin Clannad,
        ada rekomen ga yang suspense psikolog gitu?
        kaya rame nih nonton yang gore gore😄
        hahha

        Betewe salam kenal yaa ^^

      • Boleh banget😀

        Kalo anime yang temanya dark gitu; Tokyo Ghoul (duh ini ledak banget di kalangan otaku), Attack on Titan/Shingeki no Kyojin (AAARRRGGGHHH favorit banget ini), Akame ga Kill, Another, Aldnoah Zero (ini bukan termasuk dark sih, cuman action plus dikit romance, tapi keren sumpah! Tentang konflik Bumi sama Mars gitu), apa lagi ya, banyak banget astaga xD aku ada banyak di laptop yang genrenya ginian tapi gak bisa nyebutin semuanya. Maaf yaa DX. Tapi kalo mau lebih lanjut bisa lewat twitter bincang-bincang tntg anime gitu (promosi :v /kicked/)

        Iya, aku Nana, 99L xD

      • Wooo~

        kalo attack on titan kebeneran udah liat,
        hahahah😄
        pengen nyoba cari genre yang dark2 gitu, tapi ga terlalu banyak actionya,
        duh duh thanks banget loh rekomendasinya,
        coba dibaca deh sinopsisnya😄

        salam kenal Nana🙂

    • Hahaha,
      sama berarti, aku juga ga tau tentang anime tadinya,
      cuma tema anime ini ringan dan manis,

      kalo Kpopers yang hobi bikin fanfic, abis nonton ini bakal dapet banyak ide loh,,

  2. Clannad ya, udah nonton. Awalnya bosenin tapi lama-lama tertarik. Kata temen bikin nangis, tapi aku nggak nangis, biasa aja. Bingung sama hubungan si-anak-perempuan-sama-robot-rongsokan dengan anime ini
    Katanya ada 2 seasons

    Anime yang menurutku ngasih kesan mendalam (dalam artian positif ataupun negatif) : Another; Gosick; Kaichou wa Maid Sama (My Sweet Kaichou); Kuroshitsuji (Black Butler); Special A

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s