[Review] The Hunger Game : Mocking Jay Part.1 – Panem Propaganda.

Di film sebelumnya –Cathing Fire, diceritakan Katnis dan pemenang Hunger lainnya harus kembali ke medan permainan. Sebelumnya ada peraturan bawah pemenang Hunger game akan hidup tenang tanpa ada gangguan. Tapi nyatanya mereka harus kembali bertarung dipermainan fana ini. Tidak terima dengan semua perlakuan tidak adil dan kejamnya pemeritahan capitol, akhirnya para tribute menyusun strategi untuk satu pemberontakan. Pemberontakan dimana Katnis dan Peeta tidak tahu sama sekali, karena Katnislah media pemberontakan ini.

.

.

Mocking Jay dibuka dengan scene dimana Katnis mengalami krisis jiwa. Dia dirawat dirumah sakit Distrik 13. Jiwanya terguncang. Dia adalah orang yang memulai pemberontakan, tapi dia selamat dan Peeta tidak diketahui nasibnya.

Disini Katnis tertekan dan merasa bersalah.

Setelah proses penyembuhan, Katnis bisa keluar dari ruang isolasi dan segera mendapat panggilan dari presiden distrik 13. Disini Presiden Distrik mengatakan bahwa mereka akan melakukan pemberontakan besar – besar melawan Capitol dan dia membutuhkan bantuan Katnis untuk menjadi pembangkit semangat semua panem. Dengan menjadi mascot pemberontakan ini, menjadi seorang Mocking Jay.

Katnis menolak. Dia sudah kehilangan bara semangatnya. Yang dia inginkan hanya Peeta dan kehidupan yang tenang.

Menyadari padamnya api semangat Katnis, akhirnya Presiden distirk 13 mengirim Katnis mengunjungi Distrik 12. Disanalah api semangat Katnis kembali bangkit, saat melihat distrik tempat tinggalnya hancur, porak poranda, tulang – belulang penduduk dimana – mana. Distrik 12 rata dengan tanah, tidak ada yang tersisa. Yang masih berdiri kokoh tinggalah rumah pemenang Hunger game –rumah Katnis.

Kembali ke Distrik 13, ketika tengah menikmati makan siang, saluran TV capitol dinyalakan. Disana mereka menampilkan acara wawancara mengenai pemberontakan hampir disetiap distrik dan orang yang diwawancarai ini adalah Peeta. Sosok yang Katnis khawatirkan kodisinya. Menyadari Peeta masih hidup, Katnis sangat bahagia. Namun ada yang ganjil, disaat semua panem menyerukan pemberontakan, Peeta malah menyerukan untuk gencatan senjata. Secara tidak langsung menjabarkan Peeta ada disisi Capitol dan seluruh warga distrik 13 menyebut Peeta adalah pengkhianat.

Katnis tahu, Peeta pasti hanyalah boneka Capitol yang dia gunakan untuk menenangkan keadaan. Melihat Distrik 12 hancur ditambah Peeta menjadi tawanan, membuat Katnis menerima tawaran menjadi icon Mocking Jay. Dan pemberontakan pun dimulai.

Dengan distrik 13 dan semua teknologi canggihnya yang menjadi penggerak pemberontakan ini. Dan tentu saja, bersama Katnis –sang Mocking Jay.

.

.

Hunger Game, ninggalin kesan besar banget buat aku. Catching Fire bikin makin cinta sama Film ini. Tapi ada apa dengan Mocking Jay?

Antusiasme nunggu film ini berasa jadi hambar. Kenapa? Aku ngerasa ada kurang sama film ini. Karena udah nonton filmnya duluan jadi sengaja buat hunger game aku ga baca novelnya sama sekali. Makanya aku ga tau apa2 bakal kaya gimana mocking Jay. Karena diakhir catching fire digambarin bakal ada pemberontakan, aku udah bayangin adegan – adegan heroine lebih dari film sebelumnya. Dengan Katnis dan api membaranya yang akan menonjol lewat icon mocking Jay.

Itu bayangan aku buat Mocking Jay.

Tapi entah kenapa, pemberontakan yang mereka maksudkan ini malah berubah menjadi perang media. Ya gimana engga, distrik 13 dengan katnis merekam video – video pembangkit kemudian disiarkan disemua distrik. Tidak lama setelah itu, dari pihak capitol menggunakan Peeta juga mengeluarkan video serupa.

Bayangan aku Katnis menjadi Heroine hancur, karena disini Katnis bener – bener Cuma jadi icon, ga ngapa – ngapain. Tugas katnis Cuma ngunjungin distrik lain, direkam, sama distrik 13 disiarkan. Jadi yang berontak seutuhnya warga disrik. Katnis didn’t do anything. WHY?

Aku juga heran, disaat kematian mengintai dan peperangan pecah masih sempet aja mereka bikin baju buat katnis. Baju yang dirancang dengan tema mocking jay. Harus gitu ya?

Dan adegan lain ketika Katnis ngunjungin Distrik 8 dimana warganya udah cedera semua. Ditengah kehancuran dan Katnis datang dengan tim produksi yang tentu tujuan mereka Cuma mau ngerekam aktivitas katnis

Aduh plis,

Aku malah kefikiran kelakukan para politikus yang doyan maen publikasi. Ya, disini Katnis jadi Icon yang hobinya blusukan buat ngambil perhatian warga. Pliss deh. Ada apa dengan Mocking Jay.

Totally, sisi actionya aku kecewa banget.

Tapi yang patut diacungi jempol adalah Grafisnya. Keren. Kebayang ga gimana mereka editing buat lokasi distirk 13 yang beratus – ratus lantai dibawah tanah. Gimana juga mereka editing pas Katnis lagi dipesawat tempur distrik 13 yang keliatan nyata banget. Gimana juga pas mereka lagi didistrik 12 yang ancur banget? Terus itu juga gimana pas distirk 5 nge-bom bendungan mereka?

Dua jam film aku cengo tiap scene yang emang amazing. Bolehlah, adegan action nya malah jadi blusukan, mungkin ini baru Part 1 nanti nendangnya di Part 2, tapi grafisnya emang jempolan.

Lagi, sosok Beetee, bapak – bapak yang otaknya IT banget. Ga keitung berapa kali aku bilang wah buat ide nih orang. Cara dia dengan cepat nge-hack jaringan capitol biar bisa nyiarin video iklan katnis mereka disetiap distrik. Terus juga cara dia nyadap system keamanan capitol dengan cara memanipulasi lewat frequensi video. Lagi, cara dia masukin video Katnis pas di distrik 12 kedalam siarang langsung Peeta yang ototmatis bikin Peeta tau kondisi sebenernya kaya gimana. Jenius sekali otak bapak yang satu ini.

Magnet lainnya?

Setelah dua film (Hunger Game – Catching Fire) Katnis terus bareng – bareng sama Peeta, disini Katnis lebih sering habisin waktu sama Gale, yang notabene adalah kekasih remis Katnis. Tapi aku mempertanyaan kecintaan Katnis ke Gale ini. Disini Gale semacam jadi Number 1 man Katnis dengan selalu ada disaat Katnis butuh. Apapun itu untuk Katnis akan Gale lakukan.

Ada adegan paling romantic and pain in the sam time pas mereka ngunjungin Distrik 12 buat rekaman, mereka ngunjingin rumah Katnis. Terus pas lagi didapur ada percakapan seperti ini..

“Ditempat ini, kau menciumku..” Gale

“Kau masih ingat” Katnis

“Selalu,”

Terus Katnis cium bibir Gale. Setelah itu Gale bicara “Aku tahu kamu bakal lakuin ini (cium)”

Katnis heran, ko Gale bisa tahu dia bakal nyium. “Kenapa?”

“Karena aku sedang kesakitan.”

Ugh!

Kalo bawa bantal mungkin aku udah gigit tuh bantal. Jadi pas di catching fire, Gale pernah dicambuk ampe hampir mati. Pas mau diobatin Katnis ga tega liat Gale kesakitan makanya Katnis cium Gale selama pengobatan.

Nah kaliamat “Karena aku sedang kesakitan.” Ngegambarin banget kondisi Gale. Dia sakit karena distriknya ancur, dia sakit kekasih yang dia cintai jadi rapuh dan paling utama dia sakit karena kekasih yang dia cintai juga mencintai orang lain. Siapa sih yang ga sadar Katnis cinta Peeta?

Disini aku mempertanyakan, jadi Katnis milih Gale atau Peeta? Kesannya Katnis jahat banget. Dan dia deketin Gale kalo lagi butuh aja. Gale bahkan rela masuk tim penyelamat yang tentu taruhannya nyawa buat nyelametin Peeta, demi Katnis.

Demi apapun disini Katnis jahat.

Kalau kita flashback film yang tokoh cowonya dua, cewenya satu, contoh Twilight disini aku ga bilang Bella jahat. Kenapa? Karena hati dia jelas Cuma sama Edward. Jacob lah yang mengejar Bella dan Bella ga manfaatin dia.

Sedangkan Katnis, duh… kasian Gale.

Dan Peeta. Oh, entah sejak kapan aku jatuh cinta sama sosok cowo pendek ini. Peeta di Part 1 ga terlalu banyak muncul, karena emang dia jadi tawanan Capitol. Tapi….

Ending Part 1 Peeta muncul dan dia akan jadi konflik buat di Part 2.

.

.

Meski cacat adegan actionya, tetep film ini masih dalam list film favorit dan selalu dinantikan. Mungkin kurang greget karena ini masih Part 1 dan nampaknya masalah baru muncuk ketika Peeta kembali, Peeta kembali dengan semua kerusakannya.

Jujur, ending Part 1 tuh sadis banget. Ini sama kejadiannya kaya Breaking Dawn part 1. Di Breaking Dawn 1, ending ketika Bella baru buka mata setelah disuntik darah vampire. Dan Mocking Jay part 1 ending ketika Peeta………

AH, pokoknya bikin galau banget deh.

Kesimpulan, Mocking Jay part 1 masih menjadi rekomendasi dengan keapikan grafis dan penyampain perasaan yang dalem. Buat adegan actionnya kita tunggu part 2 aja.

Rate : 7,5 of 10.

15 thoughts on “[Review] The Hunger Game : Mocking Jay Part.1 – Panem Propaganda.

    • Oh tentu dong ^^
      hahah😄
      cinta banget sama film ini tapi belom berani baca, takut ganggu aktifitas nonton,

      soalnya kejadian pas Divergent, baca dulu baru nonton jadinya ga menikmati
      haha

      • Haurusnya baca dulu kak biar nyesek…AAAAA walaupun kadang aku sakit hati juga kalau liat filmnya kaya beda gitu akh tp tetep aja<3 at the end novel aslinya memg lebih aaa

        Eh aku malah curhat-,-

      • pasti,
        dimana – mana novel emang lebih jempolan,
        bahkan sekelas Harry Potter dan Twilight ga bisa nanganin masalah ini,
        hehe
        seriusan loh aku penasaran sama novelnya, tapi sbar dulu deh😄

  1. Wahh aku pengen nonton juga eonni haaaaa ㅠㅠ

    Wah, eonni kebalikan aku.. aku malah baca bukunya duluan. Dan aku setuju katniss memang cuma blusukan doang di part 1. Tapi ntar part 2 agak nambah actionnya lo eonni.. dan aku kasih saran.. siap bawa sesuatu buat ngelampiasin marah dan tissue. Dan jangan kaget sama peetanya.

  2. Semakin penasaran dengan film ini , lihat review aja sudah menarik apalagi nonton langsung😀 thanks buat review nya paling tidak ada sedikit gambaran tentang mocking jay hehehe …
    (y) (y)

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s