‘Charm’ Drama Korea ‘Jadul’ – Soundtrack

Bitter Love Strory with Sweet Love Song -Kdrama.

.

.

Kpop, Kdrama bahkan kultur Korea udah bukan hal aneh lagi buat remaja Indonesia. Bisa dibilang, remaja kita tuh udah dijajah secara kultur oleh negara gingseng ini. Ups dan saya juga salah satu korban jajahan mereka. Ga bisa dipungkiri emang, charm mereka dalam segi budaya dan seni mincut hati banget buat terus terperosok dan makin terperosok kedalam dunia yang sangat fana ini. hahaha hina banget ya kesannya. Ga ko, manusia terlahir dengan minat dan bakat masing – masing. Tiap – tiap individu juga ga bisa nge-judge passion seseorang hanya karena itu freak dimata kamu. Temenku anak psikologi bilang, saat seseorang nilai jelek  indivu lain hanya karena passion dia yang aneh, berarti orang tersebut ga menghargai hak hidup manusia. /ok ini pembicaraan mulai ga penting/

Pertanyaannya sejak kapan kalian terperosok kedunia per-koreaan? ayoo kapan?

Aku sendiri mulai mengenal yang namanya KOREA itu bermula dari dramanya. Drama korea pertama yang aku tonton dengan sangat menikmati, menghayati ampe nangis – nangis, nontonya sama mamah pula sore – sore pas masih SD yaitu drama ‘Endless Love.‘ Kisah tentang anak tertukar pas kecil terus ketauan pas udah remaja kalau mereka tuh bukan saudara, memaksa mereka untuk berpisah kemudian dipertemukan kembali, jatuh cinta tapi sayang jodoh mereka ga lama karena si cewe harus pergi menuju surga terlebih dahulu karena penyakit Leukimia. Yups, Drama Song hyekyo juga si cilik Moon Geunyoung si innocent EunSoo. Dan kalo diinget – inget lagi emang drama ini deh yang jadi portal drama lain masuk dunia pertelivisian Indonesia. Soalnya setelah Endless Love rutin tiap sore salah satu statsiun TV swasta punya slot jam tayang sendiri buat drama Korea. Dan terjadilah wabah.

Jadi apa yang menjadi daya tarik drama korea? kalo boleh dibilang, kualitas Sinetron Indonesia waktu itu belom jelek – jelek amat. Masih banyak sinetron berkualitas tayang setiap sore ampe malem di tiap Channel TV, tapi ga bikin sulit buat sinetron asal luar buat mendomplain popularitas. Dibanding sekarang, dimana Sinetron indonesia makin ga jelas, makin ga mendidik, makin ga masuk akal dan juga drama – drama korea jaman sekarang juga udah sama aja kaya sinetron. Nampaknya impian saya untuk terjun kedunia persinetronan harus diwujudkan, hahahha… kalo kaya gini terus miris sekali liat sinetron jaman sekarang. Bagaimana bisa anak SD menjadi seorang problem solving, bagaimana bisa mahluk – mahluk halus menampakan wujud begitu mudah dan bagaimana bisa persitiwa amnesia juga orang mati hidup kembali menjadi begitu mudah? sedih ga sih?. Lalu drama korea? mereka juga makin sini makin garing, pertikaian antar keluarga, perebutan kekuasan yang berujung tindak kriminal atau kisah cinta ecek – ecek? males kita lama – lama. we need something fresh right?

miris ga sih T^T

Kalo liat semua kaya gini, setujukan drama korea jaman dulu ataupun sinetron indonesia jaman dulu itu lebih berkelas dan lebih enak buat dinikmati. Ga ada tuh adegan menyeringai dengan gigi palsu mencuat, ga ada lagi adegan tiba – tiba cowo ganteng pujaan kamu berubah jadi mahluk ga jelas. Menyalahkan imajinasi? no, saya seorang IMAJINER berat jadi disini ga nyalahin juga dengan ide – ide yang bermunculan sekarang. Cuma ada baiknya semua hal itu dilakukans secara totalitas dan jangan beoriented pada uang saja, hasilnya? Money.

serial ini awalnya keren dan imajinasinya bisa diterima akal. Tapi makin sini errr…

Kembali ke pembahasan drama korea. Disini aku mau bahas, apasih yang jadi daya tarik drama korea jaman dulu yang ngasih efek longlast banget sama kita sebagai penikmat. Jujur buat kalian yang menikmati drama jadul, masih nempelkan ceritanya?. Jadi apa sih yang bikin mereka longlast? oke ini beberapa pendapat pribadi ga ada pendapat yang salah dan benarkan, karena opini itu soal selera. here we go!

  • Si Actor dan make up. Drama korea jaman dulu jajaran pemainnya bener – bener nonjolin akting bukan tampilan. Kesannya para aktor jaman dulu tuh blend sama kehidupan sehari – hari, simplenya mereka pakai makeup ga berlebihan. Ga ada mereka bangun tidur dengan bibir merona merah, rambut tertata rapih. Salah satu contoh fatal drama dalam segi makeup aktor yaitu Yonghwa di drama Three Musketeer. Drama ini settingan jaman dulu saeguk. Tapi, hell wajah Yonghwa tertata dengan makeup begitu mencolok. Bagaimana bisa bedak dan foundation begitu jelas?
  • Ide cerita. Ini sebenernya karena aliran waktu, jadi kita merasa bosan dengan cerita yang sama sama aja? iya ga? tentang tokoh utama sakit, meninggal, pasangannya depresi. Tentang yang tadinya saling benci terus jadi suka, atau mereka yang terjebak perjodohan tapi ujung – ujungnya jatuh cinta. Ini masalah waktu sebenernya, karena dulu udah ada yang make jadinya kita bosen. Tapi semua itu balik ke ide kreatif penulis, bisa ko ide macem gitu dipake lagi tapi dengan fokus yang berbeda. Salah satu drama favorit belakangan ini yang ngambil tema diawal saling benci, terus si cowo sakit, tapi mereka masih saling berbahagia diakhir, terkesan pasaran kan? tapi karena fokusnya diganti, drama ini jadi PERFECT. Drama itu ‘Its Okay Thats Love‘ hubungan benci jadi cinta, tapi karena ada bumbu psikologi didalemnya yang secara ga langsung ngasih tau kita tentang penyakit jiwa bikin jadi magnet banget.
  • Soundtrack. Soundtrack itu udah kaya toping kalo dimakanan. Disaat ada scene tertentu kalo ditambah lagu yang sesuai dengan keadaan akan membuat adegan tersebut makin idup. Iya ga? Kalo masalah soundtrack ga bisa komen lebih banyak, Ost. jaman sekarang masih tetep Oke, tapi stil Old Korea drama Soundtracknya mantep – mantep. T^T

 

/scroll keatas/ panjang banget ya intronya. Padahal tulisan ini mau bahas 10 soundtrack drama korea lama yang bener longlast ditelinga dan tetep aware meskipun didengerin beberapa tahun yang akan datang. Adakah diantara kalian yang masih save Ost. Drama korea lama? kalo aku masih ada, isinya ga nambah – nambah, karena emang cuma boleh diisi sama lagu drama jadul dan longlast banget buat didengerin. Nama foldernya aja ‘Ost Drama Jadul.’ Oke, dan sekarang disini aku bakal rekomendasiin 10 Ost drama korea jadul yang bener – bener PERFECT dan kali aja juga kalian disini ada yang ngeh,😄

  1. Ost. Endless Love – Reason
    Kalo play lagu ini kebayang si adek lagi ngejar – ngejar mobil keluarga asuhnya yang mau berangkat ke amerika yang katanya ga akan balik lagi. Dibawah rintik ujan, dia lari ngejar mobil ampe pada akhirnya dia ga bisa ngejar dan mereka berpisah. Lagu ini sontak bakal bikin kalian merinding sama intro lagu dengan dentingan suara piano. Mantep deh lagu yang satu ini.  (DOWNLOAD)
  2. Winter Sonta – My Memory
    Winter Sonata tentang pasangan yang berpisah karena hilang ingatan. Ada yang tahu drama ini? drama yang sampe sekarang ninggalin jejak di korea sana, yaitu Nami Island. Soundtrack pertama dari Winter Sonata ini ngegambarin perasaan pasangannya banget, meskipun dia hilang ingatan hati dan fikirannya maskih ga bisa lupain kekasihnya. Lagunya juga menyayat banget dengan lirik bahasa inggris yang digunakan sebagai penekanan ‘My Memory‘, ‘You Far Away‘, ‘I Wanna Love You Forever‘ ngegambarin banget kalo perasaan itu megang peranan penting banget. (DOWNLOAD)
  3. Winter Sonata – From The Begining Until Now
    Lagu ini identik banget sama Winter Sonata, jadi opening sekaligus beberapa scene emotional, intronya pas banget sama adegan mereka berada dibawah guguran butiran salju. Dingin dan sakit. Hahah, lagu ini kaya Part 1 sebelum My Memory, menyatakan bahwa mereka sampai kapanpun akan saling mencintai. Ini lagu favorit banget deh. (DOWNLOAD)
  4.  A Love To Kill – Dream.
    Uuyee, ini lagu K.Will punya yang emang udah punya gelar sebagai penanyi lagu galau nomor 1 diplaylist saya. Hahaha… Masih inget sama drama ini? Kisah antara cinta dan balas dendam, Rain Bi juga Shin Minah. Kehidupan yang penuh dengan intrik tipu muslihat. Kalo boleh jujur drama ini ga terlalu Oke. Cuma karena ngejual nama Rain Bi, jadinya yaa orang pada aware. Lagu Dream ini penuh dengan beat menghentak penuh dendam. Kaya ngegambarin perasaan cinta tapi juga dia punya gejolak api dendam didadanya. Jadilah lagu penuh emotional plus suara K.Will yang mendukung. (DOWNLOAD)
  5. Stairway To Heaven – I Miss You
    Another HEARTBREAKING DRAMA, ini hampir sejalan sama cerita Endless Love. Cinta kakak adek yang ga direstuin takdir berujung kematian pula. Makanya judulnya ‘tangga menuju surga’ si kakaknya ikut mati ga sih? lupa lagi buat ending drama ini. Dan Soundtrack kali ini di isi sama Kim BumSoo, hahaha my 2nd favorit balad singer, suara dia empuk banget jadi pas dipadukan dengan lagu menyanyat bikin kamu potek – potek 1000 pieces yakin deh. (DOWNLOAD)
  6.  Sorry, I Love You – Snow Flower
    Duh ini SOUNDTRACK paling nendang…..!!!!!!! dari mulai suara yang nyayi, lagu, irama, arti MANTEP deh. Lagu ini ngegambarin banget perasaan menyimpang Seo Jisub. Dia tuh berandal yang berniat lindungin si cewe, tapi karena keseringan bareng, cintapun datang. Tanpa kuasa si cowo ga bisa nolah dan pergejolakan dimulai. Drama nya seru tapi aku lebih ngacungin jempol buat soundtracknya. Ini soundtrack paling LONGLAST buat aku. (DOWNLOAD)
  7. Memories at Bali – My Love.
    Dan YA drama ini awal dan akhir scene nya emang take di BALI – INDONESIA. Bahkan dulu beredar kabar pas lagi syuting Jo Insung stay di jakarta buat mempermudah take lokasi pas di Indonesia. Terlepas dari gossip itu soundtrack ini jempolan banget. Intronya RACUN dan reff- yang bagian ‘My Love’ nempel banget ditelinga. Ga terlalu inget sama dramanya tapi lagunya alwasy lingerin in my ear. (DOWNLOAD)
  8.  Sad Love Song – I Love You
    Pemandangan Prancisnya lengket dimata dan Kim HeeSun geezz Cantik banget. Drama ini hampir sejalan sama Winter Sonata tentang melupakan dan dilupakan kemudian terjebak percintaan karean saling melupakan. Karena shooting di eropa Intro lagu nuansa europ nya kentel banget. Semacam senar ukulele bikin lagu ini clasic yet eargams. (DOWNLOAD)
  9. Sassy Girl Chunhyang – I Want To Be Happy
    Oh yeah, Love dovey ala Chunyang dan mong liong, asem manis cinta yang dateng karena ketidak sengajaan. Drama ini sih baselinenya Romantic Comedy, tapi ditengah cerita berdatangan orang ketiga yang bikin alur jadi complicated. Damn! dan ost. ini muncul pas disaat – saat galau mereka asik deh.  (DOWNLOAD)
  10. Princess Hours – Fool
    dan siapa juga yang ga inget sama drama ini? Romansa Benci tapi Cinta antara Chaegyeong juga pangeran Shin. Manis mereka tuh, meski tengah cerita jadi bete karena muncul pangeran Yul. Dan Soundtrack ini adalah tema Shin sama Chaegyeong kalo mereka lagi merasa bersalah satu sama lain, feel regretfull and need apologize… such an teary song. (DOWNLOAD) 


    .

 

Nah itu dia list soundtrack drama andalan versi LUMINOSKY,

bagaimana versi kalian?

.

.

 

9 thoughts on “‘Charm’ Drama Korea ‘Jadul’ – Soundtrack

  1. hhmm teryata neng apreel angkatannya endless love ya haha
    iya klo ost endless mh kayaknya emg sedih bgt
    blum knal si drama2 di atas kecuali princes hour,sassy girl sma sorry ilove you
    kalo sassy girl suka yg izi emergency room
    yg laen ngikut aja hhaaa

  2. wahh sama, prtama kali liat dramkor pas endless love gara-gara eonniku suka liat gituan
    dulu masih kecil banget, gatau deh mksudnya nih pilm gimana yang penting ikut liat >.< kekeke~ (maaf, curhat)

  3. Aaaaa , akhirnya sempet juga baca postingan eonni .
    Jujur dari semua judul drama yg eonni sebutin diatan aku cuma pernah nonton full princess hours . Hehe .
    Bener banget kata eonni . Sinetron jaman sekarang itu kebanyakan nherusak moral anak2 jaman sekarang -,- . Maka dari itu aku jarang banget nonton tv . Palingan kalo nonton tv nontonnya upin ipin wkwk. Karena itu menurutku lucu . Hehe.
    Kalo ostnya princess hours aku lebih suka yg parrot (?) kalo ga salah judulnya . Yg lagunya dipake waktu adegan shin mau dibawa kemana itu ya yg abis insiden kebakaran itu , trus dia pelukan sama yg Yoon eun Hye (?) . Aduh , itu scenenya pas banget sama lagunya . Yg fool juga aku suka , pokoknya semua ostnya princess hours semua bagus sampe ke instrumentalnya . Apalagi instrumental yg wakti scene shin meluk Yoon Eun Hye sambil nangis . Oh god , ini commentku panjang gilak . Mian eonn udah nyampah . Wkwk .

    • hahahaha,
      ketauan deh saya sudah berumur,
      hahahaha

      duh sama banget,, nonton TV tuh paling buat liat upin – ipin atau kalo engga spongebob😄
      ga tau sama sekali sinetron2,,

      Setuju deh,
      emang Ost. princess hours tuh kece – kece😄

  4. maaf kak kalo comment nya telat banget ><
    drakor yang pertama kali aku tonton itu Endless Love (pas jaman SD) dan itu masih melekat kuat di kepalaku/?
    Hmm.. aku kalo sinetron Indo sekarang mungkin cuma liat iklannya doang.. soalnya sekarang kebanyakan malah artis yang jadi tokoh hewan, jadi kurang mendidik anak-anak *menurutku sih*
    lebih milih nonton kartun, dan yang lagi ngetren di kelasku itu Boboi Boy.. kakakkku juga sukanya nonton kartun, kalo enggak film action luar negeri, jadi biasanya nonton bareng itu
    Bukannya nggak suka karya Indonesia.. tapi isinya yang gimana gitu *bahasanya err* jadi nggak terlau suka
    maaf kak kalo malah jadi curcol di sini😀

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s