Through The Music – Day 1 : “Artificial Grass”

banner

Trough The Music – Day 1 : Artificial Grass

 

Sebelumnya…

Congrats buat akdong Sibling yang resmi debut setelah dua tahun lalu menjadi juara 1 diajang pencarian bakat Kpop star 2.

Chemistry adik-kakak, bakat luar biasa dan terlebih mereka berdua lucu, mengantarkan AKMU (Akdong Musician) menjadi duo yang mendapat respon besar dari kalangan masyarakat. Sukses dengan penampilan mereka di Kpop Star musim kedua dengan menyabet prediakt juara pertama, kemudian kontrak dengan YG entertainment yang akan menaungi mereka selama menitik karir didunia musik, akhrnya April 2014 dua kakak beradik ( Lee Chanhyeok, Lee SooHyeon ) resmi menetaskan album perdana mereka.

Konsisten dengan genre mereka sejak di Kpop star, album debut yang berjudul ‘PLAY’ ini mengambil genre musik Folk seperti musik Akdong Musician yang kita kenal sebelumnya.

Awalnya sempet khawatir juga. AKMU yang punya warna sendiri dalam membuat musik, masuk YG dan terjun didunia Kpop yang sebenernya akhir – akhir ini lagu Kpop makin nyeleneh. Ahahaha…. dan ternyata alasan ini juga yang dipertimbangkan oleh Papa YG. Untuk Album PLAY ini, semua materi lagu, konsep dan genre diserahkan langsung pada Chanhyeok, yang menjadikan Chanhyeok Produser album perdana merea.

Keren….

Dua bersaudara yang cewe lucu, suaranya keren. Kakaknya yang cowo, suara keren juga kemampuan bermusik yang jenius. Ini udah bisa dikatakan kateori JENIUS. Sebelum debut didunia musik, dua kakak beradik ini udah banyak upload video dengan lagu ciptaan si kakak. Pernah ditanya juga udah berapa lagu kakaknya bikin? Dan Chanhyeok ini jawab udah lebih dari 80 lagu. Makanya ga terlalu beban buat dia milih materi lagu yang pas buat dimasukin ke album studio perdana mereka.

Total lagu di album perdana mereka ada 11. Give Love, 200%, Melted, On The Subway, Hair Part, Artificial Grass, Don’t Hate Me, Little Star, Path, Idea dan Galaxy.

Semua lagu di album mereka bisa dikatakan dapet predikat ‘5 Bintang’ . Suka banget sama genre musik mereka yang anti mainstream banget, hahaha.. Nuansa folk yang manis dan suara beberapa alat instrument yang kental. Cocok deh buat temen relaksasi sambil nyantai baca Novel. Heheh

Dan Favorit ku untuk satu lagu mereka adalah…..

Sesuai judul postingan ini…

Artificial Gras

Artificial Grass

Lagu yang berada di nomor tracklist 6 ini mengusung ritme upbeat dengan suasana ceria. Alunan musiknya emang ceria sih, kalau kalian denger lagu ini terus tutup mata, rasakan lagunya, kalian akan merasa seperti sedang berdiri dipinggir lapangan dibawah langit sore. Entahlah, itu yang aku rasakan tiap denger ni lagu, adem, tentram, bikin rileks..

Artificial Grass ini sesuai dengan judulnya liriknya bercerita tentang jalan hidup si rumput buatan. Si rumput buatan ini tetap bisa hidup meski tanpa air, sinar matahari bahkan tidak akan rusak meski banyak orang injek dia. Tapi ada satu alasan yang bikin dia ga terlalu bahagia dengan garis hidupnya. Dia pengen juga bisa bernafas yang rumput kebanyakan di lapangan itu. Ngeraian segarnya air hujan yang membasahi daunya, juga merasakan akar yang meneluk dasar tanah untuk mencari sumber penghidupan.

Seperti rumput pada dasarnya.

Ketika angin bertiup si rumput buatan ini sama kaya rumput lain, menggerakan tiap lembar daunnya tapi dia ga bisa ngerasain pergerakan itu. Rumput asli saat dipetik atau diinjak akan mengeluarkan respon dengan mengeluarkan getah ataupun menelungkupkan daun – daunnya, tapi si rumput buatan ini tidak bisa merasakan aura kehidupan mereka. Dan itu juga alasan kenapa si rumput buatan ini ga bahagia.

Seperti rumput pada dasarnya.

Sebenernya apa yang dimiliki si rumput buatan ini terlihat bagus. Tanpa air dan sinar matahari tetep hidup. Ga akan mati meski terinjak tapi keindahan itu ada batasnya seiring berjalannya waktu daun buatan itu akan terkelupas, warnanya usang dan bila saat itu tiba sudah saatnya dia diganti dan nasibnya berakhir di tong sampah.

I don’t need the sun or water
Because I can live fully without those things
I don’t need to worry about withering
Because I won’t lose my color even if I’m stepped on

I want to breathe too
I want to swallow the rain and lay roots
Like real grass

Look at the tickling fields when the wind blows
Even if I shake, I can’t feel my blades
That grass gets shy when it touches the dirty
But unlike them, I don’t have life

I thought I’d last forever without light or water
But my fake and ruined blades are getting pulled out

 

Irama lagunya emang asik, bikin kita semangat. Tapi saat kita mengerti arti lagunya, ada satu guratan sedih. Itu sih yang aku rasain.

Setiap hal dibumi ini memiliki sisi baik. Dan dari setiap sisi kebaikan itu pasti ada sisi ga enaknya, karena pada dasarnya sang pencipta menciptakan setiap hal di muka bumi ini adil, seimbang.

Kenapa aku suka lagu ini?

Karena aku ngerasa nasib si rumput buatan ini persis sama dengan kehidupan yang baru aku jajak 6 bulan terakhir ini, ahahaha…. dunia kerja memang sulit. Tapi itu lah, sebagai rumput buatan dengan semua kelebihannya ada sebersit hal kecil yang dia inginkan…

Dari sekian keuntungan yang aku terima, ada beberapa hal yang aku juga inginkan saat melihat yang lainnya…

I want to breathe too
I want to swallow the rain and lay roots
Like real grass

Kembali ke lagunya…..

Irama musik yang asik ahh, disini suara intrument gitarnya kental banget, bikin lagu makin asik. Arti lagu yang mendalam, dan ga lupa perpaduan suara Chanhyeok dan Soohyeon yang manis… asli lagu ini manissss banget.

Rate : 4 dari 5 bintang ^^

Sebenernya kalau disuruh milih lagu favorit di album AKMU ini agak sulit juga, terlalu banyak lagu bagusnya. Selain Lagu ini ada Hair Part di track 5, terus Path ditrack 9 yang juga jadi lagu andalan.

Tapi karena diliat dari artinya juga, aku lebih condong sama Artificial Grass ini…

Lets be a real grass

.

.

Ini mereka punya……
Trough The Music – Day 1 : Tokyo – Yui – Bye Febri

Trough The Music – Day 1 : The Corss – Only When I Sleep – Bye Ahmad

.

^^

Pyeong~

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s