Review KBS Drama Special – “Middle School Student A”

1

Middle School Student A, merupakan bagian dari beberapa KBS Drama Special yang tayang di chanel KBS World. Drama Special ini kalau di Indonesia semacam FTV gitu, mini series yang selesai saat itu juga, biasanya durasi 1 jam. Tapi ada juga beberapa Drama Special yang terdiri dari beberapa episode, sepengetahuan sih maksimal mereka pasang sebanyak 4 episode maksimal. Semenjak pertengahan tahun 2013, entah kenapa hasrat nonton Drama muncul lagi setelah sekian lama udah males mantengin serial korea yang kadang ceritanya udah basi. Tapi, mungkin akhir – akhir ini para sineas drama korea memutar balik otak mereka untuk membuat ide cerita yang cerdik.

Untuk KBS Drama special sendiri sebenernya udah ada sejak tahun 2010 (kalo liat dari wikipedia). Sebelumnya sempat ketagihan sama drama sns yang panjangnya maksimal 4 epiode (MIMI, 20 Years Old). Nah, tau KBS drama special ini sendiri waktu itu lagi iseng searching video KBS Music bank. Pas klik channel KBS world, disampingya ada beberapa sugesti video dengan judul menarik dan durasi 1 jam. Aku kira awalnya itu Film tapi ternyata FTV korea punya.

Judul pertama yang didownload waktu itu “My Prety Moment,” castnya Lee JeongSuk tapi baru sempet setengah nonton udah males soalnya ambil tema percintaan cewe tua – cowo berondong (ini genre paling dibenci). Searching lagi, nemu beberapa judul yang pas udah ditonton juga ceritanya seru. Salah satunya ya.. ini… “Middle School Student A”

“Middle School Student A”

Sesuai judulnya, drama ini berpusat pada kehidupan murid SMP yang sedang berburu peringkat untuk kelangsungan hidup pendidikan mereka. Berpusat pada dua karakter utama, Lee HaeJun seorang murid cowo pindahan yang ternyata memiliki kecerdasan luar biasa. Lalu ada Jo EunSoo cewe berandal yang terkenal ga punya sopan santun tapi juga memiliki otak super, EunSoo ini selalu jadi nomor 1 dikelasnya untuk urusan pendidikan, meski dia berandal, tukang ngeroko, sering dateng telat, dikelas suka tidur. Typikal cewe nakal gitu deh EunSoo, tapi pinter, dan satu lagi dia cantik, hehehe

4

Pertemuan pertama EunSoo dan HaeJun yaitu dihari pertama HaeJun masuk sekolah barunya. Rencanya ibu HaeJun mau nganterin anaknya ini sampe sekolah, tapi apa boleh buat macet jebak mobil ibunya plus ibunya yang kebeneran seorang polisi harus segera menghadap bosnya di TKP, jadi mau ga mau tuh HaeJun disuruh ibunya jalan sendiri ke sekolah.

Ga mau dihari pertama telat dan memberikan kesan buruk, HaeJun memacu larinya suapaya cepet sampe. Sampai pas dijembatan, HaeJun liat seorang murid cewe yang menurut fikiran dia lagi mencoba untuk bunuh diri lompat dari pagar jembatan. Sekedar info, saat itu dikalangan murid sekolah sedang trend aksi bunuh diri karena frustasi. Melihat adegan itu HaeJun ga berdiam diri, segera dia meraih cewe itu menjauh dari ujung pagar menyelamatkannya. Tapi, si cewe malah marah sama HaeJun dan bilang buat ga usah ikut campur sama urusan orang lain. Inget dia juga lagi diburu waktu haeJun melanjutkan larinya meninggalkan cewe itu, yang ternyata adalah EunSoo teman sekelasnya sendiri.

2

3

Meski udah lari secepat mungkin tetep aja HaeJun terlambat sampai sekolah. Mau ga mau, di hari pertamanya dia harus rela dihukum berdiri didepan kelas. Nah,, pas HaeJun dihukum lewat seorang cewe yang masih HaeJun ingat dia adalah cewe yang mau bunuh diri itu, saat itu HaeJun menyadari dia dan cewe itu sekelas.

Haejun dapet Info. Jo EunSoo, cewek ga punya etika yang sering ngelawan guru, kasar, ngerokok tapi selalu rangking pertama dikelasnya. Disini kaget Haejun, pas tau predikat EunSoo sebagai siswa nomor 1.

3 Minggu berlalu Ujian sekolah telah berakhir. EunSoo yang biasa dapet predikat 1 kali ini harus rela menyerahkan posisinya pada HaeJun. Seluruh isi sekolah kaget menerima hal ini, HaeJun seorang siswa pindahan berhasil mendapat urutan pertama?. Bahkan tidak sedikit dari mereka mulai membenci HaeJun. Termasuk EunSoo.

EunSoo membenci hal ini bukan karena dia dikalahkan. Tapi, dia memiliki kewajiban dari kedua orang tuanya yang sangat terobsesi EunSoo untuk menjadi dokter, untuk selalu menjaga predikatnya disekolah. Kenyataan dia berada diposisi kedua, membuat EunSoo harus menerima kenyataan paling buruk dari kedua orang tuanya.

Tidak terima harus kembali menerima tekanan dari orang tuanyanya, EunSoo bersama Nayeong(satu – satunya teman EunSoo) merencanakan untuk menyingkiran HaeJun dari sekolah itu, atau setidaknya membuat predikat EunSoo dan Nayeong kembali keposisi semula.

Permainan dimulai.

Kehidupan HaeJun disekolah mulai tidak menyenangkan. Ketika dia hampir dijatuhi pot bunga dari lantai kelasnya, kemudian mendapati buku catatannya hancur dirusah entah oleh siapa dan satu tembakan susu basi yang membuat seluruh tubuhnya basa plus tertawaan dari anak satu kelas. HaeJun being bulied.

5

Ada tiga point yang bikin drama ini manis. Lolipop, tali sepatu dan bintang. Ada adegan EunSoo lagi ngerokok dan tiba – tiba HaeJun nongol ngasih dia lolipop. Tali sepatu, karena penasaran dengan EunSoo, Haejun sering mengikuti dia. Ada satu adegan Haejun ketauan ngikutin EunSoo karena keki kegep HaeJun beralasan mau ngasih tau kalo tali sepatu EunSoo lepas. Waktu itu untuk mempermainkan EunSoo nyuruh Haejun buat naliin sepatunya dan Haejun mau, moment ini untuk pertama kali bikin EunSoo terkesan. Bintang, HaeJun bilang EunSoo itu seperti bintang tapi EunSoo beranggan Bintang akan usang dimakan waktu dan akan redup, tapi HaeJun bilang meski bintang itu sudah redup mereka tetaplah bintan, benda yang akan selalu diingat sinarnya.

6

Apa yang ditakutkan EunSoo terjadi. Ibunya kecewa dengan hasil ujian EunSoo yang hanya mendapat posisi dua. Dengan segala kemampuan koneksi ibunya, dia mencari guru privat dan tempat les berkelas untuk mengembalikan posisi EunSoo disekolah. EunSoo lelah dengan semua ini, kedua orang tuanya memaksanya mendapatkan apa yang mereka mau tapi gak pernah sekalipun nanya apa yang EunSoo pengen. Keesokan harinya dengan beban yang diterima EunSoo pingsan dan HaeJun yang mengantarkannya ke ruang kesehatan. Disini ada moment nakal EunSoo buat ngerjain HaeJun. EunSoo bilang ke HaeJun kalau dia ga mau sendirian di ruang UKS, yang bikin HaeJun nurut nemenin dia. Nah ada adegan disitu EunSoo meraih tangan HaeJun terus diletakan ke bahunya disitu EunSoo ngomong “Kamu mau megang aku kan?” kaya seducing gitu. Perlahan EunSoo nurunin tangan HaeJun menuju dadanya, tapi secepat kilat HaeJun menarik tangannya dan berlari keluar dari ruangan itu. Kejadiannya nantinya bakal menjadi rumor besar disekolah mereka. Foto beredar kalau HaeJun grepe2in EunSoo, dan rumor ini imbas ke pandangan orang – orang ke HaeJun yang juga mempersulit kondisi HaeJun di sekolah.

9

Pelan tapi pasti HaeJun ternyata jatuh cinta sama EunSoo, dua hari setelah kejadian di UKS, HaeJun mengungkapkan cintanya pada EunSoo. HaeJun minta buat ketemuan di halte bus jam 6 sore. Dan merekapun bertemu. Sebenernya EunSoo ga sengaja ketemu HaeJun, karena dia baru aja berantem sama ibunya. Disini HaeJun bertingkah seperti lelaki gentle ngasih EunSoo minuman hangat biar kedinginan, terus nunjukin dia alat praktek sainsnya tentang bintang sama EunSoo, juga nyanyiin lagu ulang tahun buat EunSoo yang kebetulan hari itu lagi ultah, dan cuma HaeJun yang inget. Apa yang HaeJun lakukan ini ternyata ngasih efek besar buat EunSoo, kenyataan dia mulai menyambut cinta HaeJun.

10

Kejadian buruk menunggu. Nayeong yang menyadari perubahan EunSoo merasa dihianati. Dengan segala trik dia membuat skenario sehingga membuat HaeJun tau kalau EunSoo dulu merencanakan mempermainkannya. Dan HaeJun beranggapan sekarangpun EunSoo masih memainkan permainannya dengan HaeJun sebagai boneka dalam tangannya. Meskipun sekarang dalam diri EunSoo sendiri dia sudah menaruh cinta sungguhan untuk HaeJun. Tapi, Haejun tidak percaya.

Rumor EunSoo yang menggoda HaeJun beberapa waktu lalu mulai menyebar kesekolah lain. Eunso memang mendapatkan kembali posisinya 1nya, tapi dia menjadi bahan olokan di sekolah juga HaeJun yang menjauhinya. Kehidupan baru EunSoo dimulai.

11

EunSoo kembali mendapatkan pujian dari kedua orang tuanya. Tapi EunSoo merasa semuanya sia – sia. Ketika malam itu dia berdiri diatas atap sekolah memutuskan untuk bunuh diri.

HaeJun yang sudah membenci EunSoo tengah menghabisan harinya dengan hal – hal tida berguna, ketika sekelompok anak lelaki ribut membuka akun facebook EunSoo. HaeJun yang penasaran menuju gerombolan itu. Ketika HaeJun mendapati status EunSoo tentang dia yang lelah dengan hidup ini dan ingin mengahirinya. HaeJun memacu larinya. Menuju jembatan tempat EunSoo mencoba bunuh diri pertama kali, nihil, keseluruh tempat, nihil, sampai dia mendapati EunSoo tengah terduduk diatap sekolah.

Dengan tubuh banjir peluh, HaeJun meraih tali sepatu EunSoo yang kemudian dia talikan dengan tali sepatu miliknya. HaeJun mengulurkan tangannya, yang disambut oleh EunSoo dan mereka berdua kembali bersama.

12

Entahlah sebenernya ini masuk kategori picisan biasa. Tapi kayanya akhir – akhir ini lagi suka semua hal beraroma roman picisan. Mereka manis, cerita yang ngalir apa adanya, sesuai dengan emosi remaja kebanyakan.

Drama ini keren untuk membuat aku nyaman 1 jam mantengin alurnya. Casnya juga menarik dengan EunSoo yang cantik, HaeJun yang gentle meski diawal sempet kaya cowo idiot. Ahahaha, dan segalanya akan berubah saat kau jatuh cinta.

Selamat menikmati,,

And…… HAPPY WEEKEND….

 

10 thoughts on “Review KBS Drama Special – “Middle School Student A”

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s