Dream Catcher

DSCF1585(2)

Dream Catcher.

Satu benda vintage yang jadi trend dikalangan penggemar drama korea setelah penayangan drama The Heirs. Di drama itu, emang Dream Catcher ini punya peranan penting. Dimana semua impian eunsang bermula dan terjadi setelah kebetulan dia membeli Dream Cather.

Nonton dramanya sih ga kelar, hahaha jujur genre dramanya udah biasa dan ga tau kenapa berasa males liat Lee MinHo. Bukan antifans dia loh, Cuma ngerasa dia udah ga cocok aja jadi anak SMA dengan perawakan dan wajah yang sekarang, hehehehe… nonton ni drama Cuma karena penasaran sama acting Krystal aja. Makanya nonton drama ini skipan terus ke scene Krystal MinHyuk. Hehehe

Balik ke si Cantik Dream Catcher. Setelah nonton ni Drama jadi nulisin si Dream Catcher ini kedalam benda yang harus dimiliki. Hehehe,, bukan apa – apa sih, Cuma ngerasa ni benda vintage gitu dan lucu buat di koleksi.

Omong, punya omong, sebelum bercerita gimana cara dapet si Dream Cather, mari kita kenalan tentang asal usul benda ini.

Dream Cather merupakan handmade yang menjadi benda kepercayaan suku Indian di Amerika Utara. Nama lain Dream Cather sendiri memiliki artian banyak, seperti asabikeshiinh yang berarti ‘Laba – laba’ lalu ada bawaajige nagwaagan yang berarti Dream Snare atau Penjerat Mimpi.

Jadi ceritanya, Dream Catcher ini pertama kali dibuat oleh suku indian kelompok Ojibwe pada tahun 60-an. Tujuan mereka membuat benda Dream Catcher yang saat itu mereka namai asabikeshiinh untuk melindungi anak – anaknya dari gangguan mimpi buruk. Konon menurut cerita rakyat yang terkenal didaerah sana, dulu hidup seorang manusia laba – laba bernama asabikeshiinh yang tinggal disekitar pemukiman warga Ojibwe. Manusia laba – laba ini sering mengambil anak dari penduduk, bermula dengan masuk ke mimpi mereka kemudian mengmabil mereka secara nyata. Ga mau anak mereka ilang satu persatu, warga Ojibwe menyebarkan informasi ini keseluruh barisan pemukiman, disamping itu mereka juga memasang jaring laba – laba untuk melingdungi perkampungan. Semua itu tentu membuat langkah asabikeshiinh menjadi sulit. Usaha warga Ojibwe tidak putus sampai disana. Mereka yakin manusia laba – laba itu masih bisa mengganggu mereka melalui mimpi buruk. Nah, kemudian warga kembali membuat jaring laba – laba dalam bentuk lebih kecil yang mereka hiasi dengan biji atau besi juga bulu – bulu unggas. Benda inilah yang sekarang dikenal dengan nama Dream Catcher. Tetapi, warga Ojibwe dulu menamainya asabikeshiinh merujuk kepada tujuan benda itu untuk mengusir manusia laba – laba.

Nah, Dream Catcher ini mereka gantung tepat dimana mereka akan tertidur. Mereka yakin jaring dalam Dream Catcher ini akan menyaring semua mimpi buruk,  hanya mimpi indah yang akan mereka ingat dipagi hari. Sedangkan simimpi buruk ini, akan melekat pada jaring Dream Catcher, kemudian menghilang dengan seiring munculnya sinar mentari pagi.

Simpulannya, Dream Catcher ini mereka percayai untuk mendatangkan mimpi baik. Seperti apa yang dikatakan Konrad J. Kaweczynski “Only good dreams would be allowed to filter through… Bad dreams would stay in the net, disappearing with the light of day.” Jadi mimpi indah bakal melewati jaring – jaring ini dengan bebas kemudian meluncur pada mereka para pemimpi yang sedang tertidur. Sementara mimpi buruk terperangkap di jaring – jaring.

Itu menurut storytalle nya. Percaya? Ahahah, musyrik ceritanya kalo aku percaya sama hal beginian. Sebagai penikmat hal unik, menghargai aja kisah dibalik bendanya terus menikmati bentukan Dream Catcher itu sendiri…

Ahh,, iya. Sebelum nongol di drama The Heirs, DC ini sendiri udah pernah muncul di film fenomenal The Twilight Saga. Dimana waktu itu Jacob memberikan benda ini untuk membantu Bella yang selalu mimpi buruk. Tapi waktu itu mungkin ga terlalu menonjol nih si DC, karen pasti kita fokusnya sama vampire nan tampan Edward Cullen. Hehehe iya kan..??? tapi jujur aja sih selama nonton Twilight, aku pribadi ga terlalu menunggu sosok edward karena ada sosok tersembunyi lain yang lebih menawan. Heheh siapa dia? Bukan – bukan Jacob, tapi dia saudara tiri Edward. Yeaps… si putih tampan Jasper Cullen❤

Ok Ok, kita stop cerita tentang keluarga berdarah dingin ini. Kembali lagi pada Dream Catcher kita.

Sekarang, dimana dapet si Dream Catcher ini…??

Pertama sih nyoba mau pesen online. Udah nemu beberapa website yang jual dan nyoba banding – bandingin harga. Nah, pas mau fix ambil disalah satu website online, temen liat. Dia terus bilang ‘ehh itumah di gasibu juga banyak, murah lagi..’ Stupid. Kenapa ga kepikiran dengan Gasibu. Pasar tumpah dibandung yang menurutku segala ada dan harganya murah banget, hehehe. Singat cerita batal deh tuh beli online.

Bikin scenario baru, tepat hari minggu kemaren sama temen pergi ke Gasibu. Nyari DC dong pastinya. Setelah berkeling, rata – rata DC yang dijual itu bentuk kalung terus ukurannya kecil. Ga asikan?. Tapi setelah keliling lagi dapet satu ^^. Bentuknya sih emang kalung, tapi lingkarang senarnya lebih gede sekitar 7cm-an buat diameternya. Pertama liat udah suka sama warnanya, gradasi warna pelangi gitu. Plus harganya bersahabat banget…..!!!! Cuma Rp. 10.000-an hehehe

Dan…… terwujudlah wishlish pengen punya DC.

This is my Beacutiful DC ^^

DSCF1586 DSCF1587 DSCF1589 DSCF1590

Kalo orang Ojibwe punya DC buat nangkal mimpi buruk, kita umat muslim punya doa sebelum tidur buat nangkal tidur dari hal – hal tidak diinginkan. So… jangan lupa baca Doa yaa sebelum tidur, biar mimpinya indah dan tidur dalam lindungan Allah SWT.

Goodbye Pyeong~

6 thoughts on “Dream Catcher

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s