Rupiah Pertama….

TK 1 tahun, SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun, Kuliah 3 tahun. Alhamdulillah, Juli tahun ini perjalan menuntut ilmu phase 1 selesai. Dengan bukti sepasang toga yang udah berpindah tali dan beberapa foto wisuda, 1 oktober 2013 di Gedung SABUGA ITB menjadi tombak awal menghadap dunia.

 

Seneng sih, Kuliah beres, ga ada lagi galau – galau TA, ga ada lagi ngantri dijurusan nunggu dosen buat bimbingan ataupun minta tanda tangan ACC, ga ada lagi deg-degan nunggu sidang. Dalam hati terbersit ‘Its time to FACE the WORLD…’. Pas kuliah sering banget ngerasa udah mulai bosan dengan pola hidup mahasiswa. Kuliah, belajar, ngerjar nilai. Tiga tahun berlalu gitu aja. Banyak hal yang pas masih jadi mahasiswa belum tercapai, misal mau beli sesuatu mesti mikir dulu karena jujur 100% keuangan pas kuliah murni dari ortu. Sekedar buat beli baju dan jalan – jalan itupun nyisihin dari uang bulanan. Satu bulan menuju kelulusan gregetan banget “Ayolah pengen cepet lulus, cape kuliah, pengen punya uang sendiri,,,”. Kakak tingat yang kebeneran udah kerja cuma senyum doang denger celotehan ini terus dia bilang “Nanti kalau udah kerja, pasti pengen jadi mahasiswa lagi. Liat aja deh..” . Waktu itu terfikir, mungkin tuh kakak tingkat ngomong gitu soalnya kerjaan dia statis sebagai sekre yang notabene cuma ngatur jadwal direktur sama notulen rapat. FYI, kuliah 3 tahun dibasic IT ngebentuk mindset ‘Dunia IT tuh berkembang setiap hari, jadi ga akan ada yang namanya BOSEN sama kerjaan, karena toh pasti tiap hari berbeda kan?’. Intinya Greget udah pengen kerja..!!

Juli 2013 pun tiba, target terbentuk ‘Sebelum Wisuda harus udah dapet kerjaan’ ga mau kali kan nganggur lama – lama. Dan perjalanan mencari pekerjaanpun dimulai. Pertama ikutan Jobfair didaerah Braga sama temen – temen kos. Dari kosan kita nyiapin hampir 10 lembar CV + surat lamaran kerja. Salah satu temen bilang “Bawa aja yang banyak, buat persiapan. Biar kalo ada panggilan banyak tinggal milih” waktu itu kita cuma nyengir polos ‘asikk bangett nanti banyak perusaan yang manggil.’ Berangkat dengan 10 CV, balik lagi ke kosan nyisa 2 CV yang berarti 8 perusahaan tuh CV ditinggal. Karena basic dari jurusan IT semua yang disimpenin CV rata – rata perusahaan IT. Rada bingung juga sih mau nyari job yang lain. Nyampe kosan Cuma bsa bismilah, telfon orang tua minta doa restu dan melanjutkan TA yang akhir Juli bakalan disidang.

Kembali kerutinitas MAHASISWA TINGKAT akhir, kembali sibuk dengan TA yang bakalan disidang, lupa juga sama hasil dari CV yang disimpen kemaren.Ga kepikiran sama sekali 100% kembali ke GALAU TA yang waktu itu (Pertengan Juli) belom juga kelar. Ditengah Galau TA, fikiran keganggu liat temen kosan yang waktu itu bareng ke jobfair tapi dia udah bolak balik interview beberapa perusahaan, sempet kefikiran ‘Ko dia doang yang dipanggil? Masa 8 perusahaan ga nyantol satupun?’ Galau pun bertambah KERJA + TA. Akhir juli pun tiba, sidang TA beres dengan beberapa revisi yang bisa dibilang ga terlalu ribet. Permasalahan tentang kerjapun tiba, udah di ikhlasin deh yang di jobfair udah pasti itu ga akan ada yang nyangkut. Dimasa revisi sering bolak balik jurusan, ga sengaja baca Mading didepan ruang PUDIR, ADA LOWONGAN KERJA… dan kebetulan basicnya juga di IT. Siang itu beresin urusan dengan revisi TA, malemnya tanpa fikir panjang langsung kirim CV ke alamat email perusahaan dimading tadi siang. Bismillah ya Allah ^^

 

Pucuk dicinta ulam pun tiba, selang 2 minggu perusahaan bersangkutan telfon bilang buat dateng ke kantor buat ikut tes seleksi. YEY..!! . Masih inget waktu itu hari selasa, dianter angkot jam 9 pagi sampailah ditujuan. Bismlah ya Allah, bisik dalam hati. Tes pertama berupa psikotest yang banyaknya WOW banget, istirahat jam 12 lanjut Technical Test kening mulai berkerut secara tes bagian ini udah ngeruju ke pekerjaan, rehat 1 jam dilanjut Interview. Sempet gerutu, harus ya interview hari ini juga? Kenapa? waktu itu udah jam 3 soalnya, wajah udah kucel, laper, ngantuk dan HEY..!!!! INi INTERVIEW PERTAMA… T^T udah pasti nervous abis. Tapi mau gimana lagi, dan interview pun berjalan. Untungya staff yang interview enjoy gitu jadi asik deh pas jawab – jawabnya. Ga kerasa Tes Lamaran Kerja hari itu selesai. Balik kekosan dengan harapan besar ‘SEMOGA BERHASIL’

 

Dua minggu kemudian dapet panggilan lagi dari perusahaan kemarin buat dateng kekantor. Ngapain ya?? Soalnya si ibu HRD, ga ngungkit – ngungkit mau ngapain. Ahirnya datang lagi kekantor itu, untuk kedua kalinya. Ternyata, hari itu tanda tangan kontrak ^^. Yey,, seneng ternyata tembus juga lamaran ini. Target dapet kerjaan sebelum wisuda COMPLETED. Disurat kontrak terulis sebelum kerja ada bootcamp dulu sebulan, kemudian masa percobaan 3 bulan, and then as a worker 2 tahun. Masalah salary ga usah disebut kali ya, yang pasti sebagai Fresh Un-graduated (karena waktu itu posisi belom gradute ^^) udah seneng banget. Tinggal nunggu panggilan selanjutnya buat jadwal bootcamp yang katanya perkiraan bakal bulan september. Dan hari itupun pulang dengan senyum, selanjutnya telfon orang tua buat berbag abar bahagsia.

Buka TA kumpul, Yudisium beres, sekarang status udah Graduated nih. Tinggal nunggu wisuda dua bulan kemudian, mudik dong kekampung halama tercinta yang kebetulan waktu itu bulan puasa H-5 lebarang.

 

Masuk bulan september, minggu pertama, minggu kedua ko ga ada konfirmasi dari perusahaan?. Akhirnya minggu ketiga september balik lagi ke bandung, soalnya kosan abis tempo. Menjelang balik ke bandung, ada telfon lagi dar perusahaan katanya mulai masuk bootcamp awal oktober, dengan ini makin yakin deh balik lagi ke bandung ^^. Pertama karena emang oktober mau wisuda dan hari pertama kerja ….

 

Kita skip cerita tentang wisuda, kayanya enakan kalo wisuda dibikin cerita sendiri. Pindah kosan baru deket kantor, Wisuda, masu bootcmap sebulan, dan secara resmi pada tanggal 11 Desember 2013 menjad pegawai resmi. Pas lamar kerja nulisnya sih buat posisi PHP Developer tapi sama orang kantor posisi dirubah, jadi bagian ‘GAS’ – Goverment Assurance System, bisa dibilang sih junior analyst gitu. Secara garis besar kerjaannya emang analisis sistem yang bakal dibangun. Bikin SOP, User manual, test script, QA sistem biar terjamin kebenarannnya pas udah di client. Dan faktanya masih harus banyak beradaptasi dengan kerjaan ini.

 

Baru deh sadar nyari duit itu susah, kerja itu capek. Pertanggal sebelas desember udah masuk sebagai karyawan. Masuk jam setengah 9 pulang am setengah 6.

 

Dan…. setelah sebulan akhirnya kemarin tanggal 2 Januari (berhubung tanggal 30 dan tanggal 1 itu libur ) menerima gajih pertama ^^.

This is amazing, menerima amplop yang berisi lembaran merah hasil dari tangan dan keringat sendiri. Alhamdullillah Ya Allah, meski 3 bulan pertama gajih belom full karena masih ada potongan dalam masa percobaan, tapi udah seneng banget karena akhirnya bisa ngehidupin diri sendiri.

Moga hasil bulan ini berkah ya Allah, dan terus ridhai langkah hamba dibulan – bulan selanjutnya.

Amin.

 

03/12/2013
Pendopo DAS ‘Ditengah mengerjakan Das-ERP test Script
Keep Fighting..!!!!

One thought on “Rupiah Pertama….

Speak Now.... ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s